10 Drama Korea 2023 dengan Rating Premiere Tertinggi, Capai 17,7%

oleh -27 Dilihat
oleh

JAKARTA – Drama Korea yang rilis tahun 2023 dengan rating primetime tertinggi tidak selalu disebabkan oleh aktor-aktor ternama. Waktu tayang dan televisi yang menyiarkannya mempunyai pengaruh yang besar.

Rating perdana (episode pertama) sebuah drama Korea masih cukup penting untuk menimbulkan euforia atau perbincangan di kalangan penontonnya. Jika bintang-bintangnya terkenal, rating prime-time yang tinggi tentu akan menjadi bukti kekuatan nama mereka.

Namun, jika angkanya rendah, media dan penonton mungkin mempertanyakan popularitas pemain terkenal tersebut. Namun faktor lain seperti saluran televisi yang menayangkan serta hari dan waktu siaran juga memegang peranan penting.

Misalnya, acara yang ditayangkan di televisi kabel dengan jumlah pelanggan terbatas dan tidak tayang pada jam tayang utama umumnya akan kalah dengan acara yang tayang di stasiun televisi nasional dan pada akhir pekan saat acara kumpul keluarga.

Selain itu, angka rating penayangan perdana yang tinggi juga tidak menjamin rating episode selanjutnya akan tetap tinggi. Bahkan, beberapa kasus menunjukkan rating drama tersebut langsung anjlok meski sempat tayang perdana cukup tinggi.

Nah berikut 10 drama Korea tahun 2023 dengan rating tayang perdana tertinggi dan perbandingannya dengan episode-episode berikutnya. Data diambil dari Nielsen Korea.

10. Pelarian Tujuh

Foto: SBS

The Escape of Seven mengudara di SBS setiap hari Jumat dan Sabtu dengan pemeran yang relatif populer dan ditulis oleh penulis serial hit The Penthouse. Tak heran jika rating perdana drakor makjang ini mencapai 6,0% saat tayang September lalu. Rating tertingginya adalah 7,7% yang turun di episode keempat.

Namun serial ini dikritik karena adegan kekerasan yang terlalu gamblang. Ini juga menjadi salah satu penyebab rating terus turun. Rata-rata rating nasional untuk drama 17 episode ini hanya 6,2%.

9.Oasis

Foto: KBS2

Serial KBS2 ini tayang setiap hari Senin dan Selasa mulai bulan Maret lalu. Rating premiere sebesar 6,3% dan rating tertinggi terjadi pada episode terakhir sebesar 9,7%. Aapun rata-rata nasionalnya 6,9% dari 16 episode.

Tren rating drama sejarah dan romantis ini relatif stabil dan meningkat dalam dua episode terakhir. Serial ini dibintangi oleh dua aktor populer, Seol In-ah dan Jang Dong-jun.

8. Kisah Ekor Sembilan, 1938

Foto: tvN

Musim dramatis kedua Tales of the Nine Tails mendapat respon yang lebih baik dibandingkan musim pertama. Rating perdananya sebesar 6,4%, lebih tinggi dibandingkan season 1 yang tayang di tvN setiap hari Sabtu dan Minggu sebesar 5,8%.

Rating tertinggi Kyuubi pada tahun 1938 mencapai 8,5%, turun di episode terakhir atau episode 12. Menariknya, episode 11 justru mencatatkan rating terendah yakni 4,7%. Rata-rata nasional adalah 6,1% untuk 12 episode.

7. Pengacara Perceraian Shin

Foto: JTBC

Yang ini dari JTBC dan tayang setiap hari Sabtu dan Minggu. Pengacara Perceraian Sheen menerima 7,2% untuk episode pertamanya. Drama bergenre legal yang diadaptasi dari webtoon ini meraih rating tertinggi pada episode terakhir dengan perolehan 9,4%.

Rata-rata rating nasional adalah 6,6% dari 12 episode dengan tren rating naik dan turun. Serial ini dibintangi oleh nama-nama yang cukup populer yaitu Cho Seung-woo, Han Hye-jin, Kim Sung-kiun, dan Jung Moon-sung.

6. Pemulihan

Foto: SBS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *