3 Alasan Penting Memilih Jurusan Bahasa Mandarin, Digunakan Oleh 1,12 Miliar Orang di Dunia

oleh -89 Dilihat
oleh

JAKARTA – Ada tiga alasan penting memilih bahasa Mandarin. Di era modern ini, Tiongkok dianggap sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Satu hal yang mengejutkan banyak negara adalah perkembangan ekonomi dan teknologi Tiongkok.

Kenyataan ini mulai berdampak buruk pada segala hal mengenai Tiongkok. Salah satunya adalah tentang bahasa. Ya, banyak orang yang ingin belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa resmi Tiongkok saat ini.

Pada tahun 2022, berdasarkan data demografi, bahasa Mandarin akan menjadi bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia setelah bahasa Inggris.

Bahasa Inggris dituturkan oleh 1,45 miliar orang, sedangkan bahasa Mandarin dituturkan oleh setidaknya 1,12 miliar orang. Dengan mengingat informasi ini, artikel ini akan membahas tiga alasan penting memilih bahasa Mandarin. Simak ulasannya di bawah ini!

3 alasan penting memilih program bahasa mandarin

1. Ini adalah bahasa kedua yang paling banyak digunakan setelah bahasa Inggris

Pada tahun 2022, berdasarkan data demografi, bahasa Inggris akan menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Ada 1,45 miliar orang yang berbicara bahasa Inggris. Lalu, bahasa Mandarin di posisi kedua, disusul Quipperian, bahasa yang paling banyak digunakan dengan 1,12 miliar orang.

Tentu tidak lepas dari kenyataan bahwa China memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Hanya sedikit orang Tionghoa yang bermigrasi ke berbagai belahan dunia. Selain China, ada negara lain seperti Taiwan yang penduduknya berbahasa Mandarin.

2. Tiongkok memainkan peran penting dalam perekonomian

Saat ini, Tiongkok memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi dunia. Banyak perusahaan lokal di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan perusahaan Tiongkok. Artinya Sumber Daya Manusia (SDM) harus tersedia dan dapat berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Mandarin.

3. Jenjang karir yang luas

Banyak tempat kerja membutuhkan pengetahuan bahasa Mandarin. Pelajar bahasa Mandarin mempunyai kesempatan untuk memasuki berbagai bidang, baik dari pemerintahan maupun swasta. Bahasa Mandarin penting dalam industri kreatif, pendidikan, media, perdagangan dan pariwisata.

Karier yang memungkinkan meliputi pemandu wisata, hubungan masyarakat, kantor depan, staf penjualan, dan instruktur bahasa. Ada juga peluang untuk bekerja sebagai penerjemah lepas atau interpreter.

Banyak universitas memiliki jurusan bahasa Mandarin dan jurusan sastra

1. Universitas Indonesia (UI)

UI adalah universitas yang sangat bagus, dan jurusan Sastra Cina di UI adalah program yang paling diminati, karena banyak lulusan Sastra UI yang melanjutkan ke PhD, dll.

2. Universitas Bina Nusantara (Universitas Binus)

Binus memiliki bagian bahasa Mandarin, atau biasa disebut dengan (Bagian Studi Cina). Mengapa program ini dianggap sebagai program terbaik di Universitas Bina Nusantara? Karena program akademiknya bekerjasama dengan lembaga internasional, seperti Bank of China, dll.

3. Universitas Bunda Mulia (UBM)

UBM Jakarta merupakan salah satu universitas yang menjalin kerjasama dari daerah hingga luar negeri untuk menciptakan peluang yang cocok bagi mahasiswa bahasa dan budaya Tionghoa.

4. Universitas Kristen Petra – Surabaya

Universitas Kristen Petra merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki program Studi Sastra Cina. Selain bahasa Mandarin, Anda juga akan mempelajari sastra dan budaya Tiongkok di universitas ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *