3 Cara Mengatasi Layar Mati saat Menelpon di HP realme

oleh -29 Dilihat
oleh

JAKARTA – Penting untuk mengetahui cara mengatasi layar mati saat menelepon di HP Realme, solusinya bisa dengan mudah dilakukan melalui menu pengaturan.

Dalam beberapa kasus, masalah seperti layar mati saat menelepon tidak selalu disebabkan oleh kerusakan perangkat keras. Sebenarnya alasannya berkaitan dengan fitur sensor jarak atau proximity sensor pada perangkat yang digunakan.

Sebagai informasi, sensor proximity merupakan salah satu teknologi yang berfungsi mendeteksi seberapa dekat jarak pengguna dengan suatu perangkat. Sensor ini dapat menonaktifkan lampu layar saat pengguna mendekatkan ponsel ke telinga untuk menerima panggilan telepon.

Apalagi sebenarnya tujuan dari sensor ini cukup baik, yaitu untuk mencegah sentuhan yang tidak disengaja. Namun, pasti masih ada sebagian pengguna yang tidak suka mematikan layar ponselnya saat menerima panggilan.

Menurut laman resmi Realme, ada berbagai penyebab mengapa layar ponsel tetap mati atau hitam saat melakukan panggilan telepon. Hal ini mencakup dampak dari hadirnya fitur sensor jarak, adanya aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel, penuhnya ruang memori ponsel, dan inkonsistensi pengoperasian sistem.

Lantas, bagaimana solusi menghilangkan layar mati saat menelpon di HP Realme? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Cara menghilangkan layar mati saat menelpon di HP Realme1. Hapus Memori dan Restart Perangkat Selain karena sensor, layar ponsel mati saat panggilan juga bisa disebabkan karena memori penuh atau ketidakcocokan sistem. Solusinya cukup sederhana, yakni cukup mengurangi beban ruang penyimpanan.

Setelah itu coba restart perangkat. Jika dipulihkan, metode ini berhasil.

2. Menonaktifkan Sensor Jarak Gunakan metode ini jika pengguna ingin menonaktifkan Sensor Jarak. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka menu Pengaturan di ponsel Realme.

-Gulir layar dan buka opsi ‘Tentang ponsel’.

– Aktifkan Mode Pengembang dengan cara tap 5-6 kali pada ‘Build Number’ Ponsel Realme kecuali Anda seorang pengembang.

Kembali ke menu pengaturan awal, pilih Sistem. Lalu, buka opsi pengembang.

– Pilih ubin pengembang pengaturan cepat.

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan.

– Nonaktifkan untuk mematikan opsi menu sensor.

– selesai. Sekarang sensor proximity sudah tidak aktif lagi.

Sebagai catatan, ketika pengguna menonaktifkan fitur sensor di perangkatnya melalui mode pengembang, ada beberapa implikasinya, menurut Lifewire, mikrofon, kamera, akselerometer, sensor jarak, dan fitur lainnya tidak bisa lagi diakses oleh ponsel atau aplikasi.

Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk menonaktifkan fitur sensor tersebut kecuali untuk keperluan perbaikan ponsel. Jadi, pikirkan dulu sebelum melakukannya.

3. Kunjungi Realme Service Center Jika masalah belum teratasi, Anda bisa meminta bantuan Realme Service Center. Langkah ini adalah yang paling masuk akal dibandingkan mencoba cara lain yang berisiko merusak perangkat.

Berikut beberapa cara mengatasi layar mati saat menelpon di hp realme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *