3 Makanan Sarapan Sehat dan Bisa Bikin Cerdas Versi dr Zaidul Akbar, Salah Satunya Tempe Mentah

oleh -41 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Sarapan memegang peranan penting dalam menunjang aktivitas kita sepanjang hari. Namun sayangnya, tak sedikit dari kita yang sembarangan memilih sarapan. Biasanya kita memilih makanan kaya lemak dan karbohidrat untuk sarapan. Padahal, hal tersebut salah dan tidak baik bagi tubuh.

Sebagai pengkhotbah dan herbalis, Dr. Zaid Akbar Ini tidak baik untuk tubuh. Ia mengatakan, penting bagi masyarakat untuk mengonsumsi buah dan sayur. “Mulai besok, sarapan akan berubah. Pernahkah Anda melihat Khilafah? Kekhalifahan sedang runtuh. Seperti yang saya sampaikan tadi, Allah telah menjadikan manusia sebagai khalifah,” ujarnya dalam laporan Dr. Zaid Al-Akbar. akun YouTube, 31 Januari 2024.

“Khalifah Eduk makan nasi atau tidak?” Lebih tepat bagi seorang khalifah mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang sehat untuk memenuhi perannya sebagai khalifah,” ujarnya.

Menurut Zaid al-Akbar, sarapan pagi merupakan waktu terbaik untuk mengonsumsi kurma. Hal ini sesuai dengan nasehat Rasulullah SAW.  “Setidaknya sarapan pagi itu enak. Makan kurma itu enak. Rasulullah SAW menasehati kita makan kurma di pagi hari. Itu ajwa, tidak baik makan ajwa.” .Sarapannya sudah berubah, idenya sudah berubah. Sarapannya jangan banyak-banyak, jadi makannya kapan?

Zaid Al Akbar menawarkan beberapa resep menu sarapan sehat dengan bahan utama antara lain kurma, tempe, garam himalaya, madu dan jeruk nipis. “Kalau dikasih tempe, sebaiknya jangan dipecah-pecah, lebih baik dimakan mentah.”

Setelah tempe dan kurma dimasukkan ke dalam wadah, tambahkan lemon, madu, dan garam himalaya. Menurut Zidol, garam Himalaya kaya akan mineral yang membantu penyerapan.

“Anda tidak perlu menyentuh semuanya. Rasanya manis karena manis dan lezat. Ini sarapan terbaik. Karena kita membutuhkan energi di pagi hari. Ada karbohidrat dan protein,” ujarnya.

 

Selain itu, menu tape sandwich tape ini dapat diolah dengan kurma dengan tepung bebas gluten. Lalu panggang ketiga bahan tersebut di dalam oven.

“Makan tempe mentah lebih enak karena nutrisinya masih utuh, tapi kurmanya pre-biotik. Tempe menyehatkan jika tidak digoreng dengan benar, bisa dijadikan menu sarapan. Jadi Tandoor itu sandwich, tanpa gula, lemak dan minyak.

Zaid Al Akbar menambahkan, mengonsumsi tempe mentah dan kurma secara rutin untuk sarapan pagi baik untuk kesehatan. Menurut Zidol, mengonsumsi tepung dan kurma setiap hari bisa mencegah banyak penyakit, dua di antaranya sakit maag dan masalah pencernaan.

Katanya, “Kalau diminum setiap hari, banyak penyakit yang hilang, Insya Allah. Obat terbaik untuk sakit maag atau gangguan pencernaan, apalagi kalau tidak demam, diminum sarinya.”  Zaid-ul-Akbar menawarkan resep membuat susu kental yang bisa disantap untuk sarapan pagi. Selain Bhirta, susu skim bermanfaat bagi anak karena meningkatkan kecerdasan.

“Tambahkan tempe, kurma, dan air. Kamu bisa membuat makanan penutup apa saja dengan kurma. Sangat menyehatkan. Bisa juga ditambah pisang lagi agar manis. Jangan lupa tambahkan garam Himalaya, ini meningkatkan khasiatnya.” Lalu Anda bisa menambahkan jahe. “Kamu juga bisa membuat parfum. Paginya dimakan biar kenyang, ada protein dan prebiotiknya,” lanjutnya.

Jika makanan yang dipilih kaya nutrisi, sarapan sangat baik untuk tubuh dan pikiran. Sarapan memiliki banyak manfaat, antara lain peningkatan kinerja kognitif, peningkatan energi, kontrol gula darah yang lebih baik, dan kesehatan pencernaan yang lebih baik.

Oleh karena itu, ada banyak makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan. “Mengonsumsi makanan tinggi gula seperti kue kering, camilan tinggi gula, atau yogurt tinggi gula bukanlah camilan yang baik karena meningkatkan kadar glukosa darah,” kata ahli diet terdaftar dan penulis ‘How’. Agar sehat,’ kata Gina Tesfa GLAMOR pada Jumat 29 Desember 2023 seperti dilansir situs kesehatan INFOKUTIM.COM, 7 Januari 2024.

Secara umum, makanan yang paling buruk untuk sarapan adalah makanan tinggi gula serta rendah serat dan protein. Itu karena makanan ini tidak akan membuat Anda kenyang sampai jam makan siang, jelas Laura Buckle dari The Health Examiner. Beberapa makanan tersebut antara lain:

Banyak sereal yang mengandung banyak gula tambahan, kata Laura. Makanan ini berkontribusi terhadap penambahan berat badan, kadar gula darah tinggi, dan kurangnya energi dalam hidup.

Kue

Kue kering seperti croissant merupakan kue yang tinggi karbohidrat dan telah ditambahkan gula. Kue-kue seperti itu dapat memberikan tambahan energi dengan cepat, tetapi sering kali menyebabkan rasa lapar jangka pendek.

Cukup

Mengonsumsi minuman dengan tambahan gula, krim atau sirup, seperti latte atau kopi manis, dapat berkontribusi terhadap asupan kalori berlebih dan peningkatan kadar gula.

Daging olahan

Bacon, sosis, dan daging olahan lainnya tinggi lemak serta mengandung bahan tambahan dan pengawet. “Mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu mengatasi penyakit jantung dan masalah lainnya,” kata Laura.

Jus buah

Meskipun buah utuh umumnya merupakan pilihan yang sehat, jus buah mengandung banyak gula dan kekurangan serat seperti yang ditemukan pada buah utuh.

Yogurt rasa

Yoghurt beraroma sering kali mengandung tambahan gula dan perasa buatan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *