3 Resep Nasi Tim Ayam, Menu Lezat Bisa Masak Pakai Rice Cooker

oleh -40 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Masyarakat di Asia sudah terbiasa makan nasi dan daging babi. Apalagi di Indonesia, menu nasi hampir selalu menjadi makanan pilihan pertama, tak heran jika menu nasi mudah diterima.

Seperti menu nasi ayam yang merupakan makanan Cina-Indonesia yang mudah ditemukan di restoran Cina di Indonesia. Dikutip dari laman resep Chef, Sabtu 6 Januari 2024, Tim Chicken Rice merupakan nasi kukus dengan tambahan ayam dan bumbu.

Bagi sebagian orang, makanan ini dianggap menenangkan. Tertarik untuk melakukannya sendiri di rumah? Di bawah ini tiga resep nasi ayam kombinasi dari halaman berbagi Cookpad.

Tim nasi ayam dari akun @vtiara18_

Bahan-bahan:

Barang ayam

500 gr fillet paha ayam, potong dadu

150 gr jamur merang

5 siung bawang putih

5 bawang merah

2 potong jahe

2 bawang bombay

2 sendok makan saus tiram

1 sendok teh kecap

1 sendok teh kecap ikan

3 sendok makan kecap manis

1 sendok teh bubuk kaldu

1 sendok teh penyedap rasa

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh merica

Bahan tambahan:

Telur ayam rebus

Bahan Beras:

400 gram beras

800 ml air

3 siung bawang putih yang dihaluskan

1 jempol jahe yang dihaluskan

2 sendok teh bubuk kaldu

1 sendok teh penyedap rasa (pengganti bubuk)

Langkah-langkah memasak: Masak nasi hingga setengah matang, sisihkan. Buat ayam goreng jamur, lalu masak bawang putih, bawang merah dan jahe hingga harum, lalu masukkan ayam dan goreng hingga matang. Masukkan daun bawang, jamur, saus tiram, kecap asin, kecap ikan, kecap asin dan bumbu lainnya, aduk dan masak hingga mengental namun airnya tersisa sedikit. Masukkan telur ke dalam kotak, lalu masukkan ayam, jamur, dan terakhir nasi. Langkah 5 Tuangkan 2 sendok makan air ke atas nasi dan kukus selama 20 menit.

Dibawah ini resep Nasi Ayam Team Rice Cooker dari akun @alienfalicia

Bahan-bahan:

Bahan Kecap Ayam

1/2 kg jamur giling

5 biji bawang putih

1 sendok makan kecap manis

1 sendok teh kecap

1 sendok makan minyak ikan

1 sendok teh minyak buncis (Anda bisa membiarkannya)

1 sendok teh saus tiram

Minyak sayur secukupnya

10 sendok makan air

Bahan Beras:

Daun jeruk

2 lembar daun salam

2 cangkir nasi

Air secukupnya

Langkah-langkahnya: Siapkan penggorengan, masak ayam, tambahkan minyak goreng secukupnya, tunggu hingga panas, lalu masukkan bawang putih, goreng hingga berwarna keemasan..lalu masukkan ayam dan ayam, tunggu hingga setengah matang. Setelah ayam setengah matang masukkan kecap manis, kecap asin, minyak ayam, minyak ikan, tiram, lalu masukkan gula pasir, garam, garam lalu tambahkan air, kecilkan api dan tunggu hingga air mengering dan matang. Kemudian pesan. Cuci beras hingga bersih, lalu masukkan beras ke dalam rice cooker dan tambahkan ayam goreng ke dalam nasi atau tambahkan nasi, lalu tambahkan kecap, ayam, dan daun salam. Kemudian tambahkan sedikit air seperti nasi biasa, tambahkan sedikit garam dan bumbu. Sekarang tinggal masukkan nasinya dan tunggu sampai matang, akan lebih nikmat jika dicampurkan bawang merah kering dan bawang goreng di atas nasi.

Kiat:

Air pada ayam jangan terlalu banyak, karena ayam akan mengeluarkan air lagi.

Kalau dimasak di rice cooker, nasinya akan agak hitam di bagian bawah karena ada kecap manisnya, jadi jangan sampai nasinya jatuh terlalu banyak, ayamnya berguna untuk menambah cita rasa nasi kalengan.

Di bawah ini resep nasi ayam dari akun @xanderskitchen

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung, potong kecil

800 gram beras

6 siung bawang putih, cincang

2 jempol jahe cincang

3 sdm arak masak/angciu

1 sendok makan minyak zaitun

Garam secukupnya

1 sendok teh merica

1500ml air

Langkah-langkah pembuatannya: Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan ayam. Tambahkan anggur dan aduk rata. Tambahkan minyak wijen dan tambahkan air. Masak hingga ayam empuk, angkat dan sisihkan. Sisakan 1/4 kaldu ayam di wajan. Tambahkan beras yang sudah dicuci ke ayam. Bumbui dengan garam dan merica. Tambahkan nasi dan aduk nasi hingga kaldu terserap seluruhnya. Aron sambil diaduk karena kalau tidak diaduk, nasi akan menempel di wajan. Setelah nasi matang, masukkan ayam lagi. Benar dan bagus. Pindahkan ke kukusan dan kukus hingga matang. Nasi tim sudah matang. Sajikan dengan kecap asin dan cabai rawit cincang serta acar timun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *