3 Struktur Teks Negosiasi Beserta Penjelasannya

oleh -25 Dilihat
oleh

JAKARTA – Teks negosiasi merupakan salah satu jenis teks yang berfokus pada proses mencapai kesepakatan antara dua pihak atau lebih yang memiliki kepentingan berbeda. Struktur teks negosiasi secara umum terdiri dari tiga bagian utama yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah pendahuluan (pernyataan pembuka), yang kedua adalah isi (proses negosiasi), dan yang ketiga adalah kesimpulan (kesimpulan atau kesepakatan). Selanjutnya akan dijelaskan struktur teks negosiasi. 1. Pendahuluan (pernyataan pembuka)

Ini merupakan tahap awal penyusunan teks negosiasi. Bagian ini mencakup perkenalan pihak-pihak yang terlibat dalam perundingan serta penjelasan singkat mengenai permasalahan atau topik yang dibicarakan. Dalam konteks bisnis, bagian ini juga dapat mencakup latar belakang dan tujuan negosiasi. Bagian pendahuluan berfungsi untuk menentukan arah dan nada proses negosiasi. Isi (proses negosiasi)

Bagian ini merupakan bagian utama teks negosiasi yang didalamnya terjadi proses tawar-menawar dan negosiasi. Pada bagian isi ini masing-masing pihak menyampaikan argumen atau tuntutannya, menanggapi argumen pihak lain dan berusaha mencapai kesepakatan. Proses ini mencakup berbagai strategi negosiasi seperti persuasi dan kompromi dan sering kali mencakup penyelesaian konflik. Pengakhiran (kesimpulan/kesepakatan)

Bagian terakhir dari struktur teks negosiasi adalah kesimpulan. Bagian ini berisi hasil proses negosiasi. Biasanya berupa kesepakatan atau kompromi yang dicapai kedua belah pihak. Perjanjian-perjanjian ini dirangkum dan dicatat dengan jelas. Jika tidak ada kesepakatan yang tercapai, bagian akhir ini mungkin mencakup rencana untuk negosiasi lebih lanjut atau langkah selanjutnya.

Namun perlu diingat bahwa proses dan struktur teks negosiasi dapat berbeda-beda tergantung pada konteks dan tujuan negosiasi itu sendiri. Namun struktur teks negosiasi di atas memberikan kerangka umum yang dapat disesuaikan dengan situasi negosiasi yang berbeda.

Teks negosiasi sendiri mempunyai fungsi utama yaitu menyelesaikan perselisihan dan mencapai kesepakatan antara dua pihak atau lebih. Selain itu, negosiasi juga dapat membangun dan memperkuat hubungan, mencegah atau menyelesaikan konflik, serta memberikan konteks bagi para pihak untuk berbagi pandangan dan kebutuhannya. Tottenham Hotspur Ancam Rado Dragosin ke Bayern Munich? Tottenham berada dalam bahaya serius untuk mengontrak Radu Dragosin setelah tawaran raksasa Euro Genoa diterima. Siapa yang membawa Rado Dragosin? INFOKUTIM.COM.co.id 10 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *