5 Kesalahan saat Mencuci Tangan yang Harus Dihindari, Apa Saja?

oleh -25 Dilihat
oleh

JAKARTA – Meski sederhana, ternyata masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat mencuci tangan. Salah satunya adalah sering mencuci tangan.

Mencuci tangan adalah salah satu cara paling efektif untuk tetap bersih. Mencuci tangan mencegah infeksi dan penyebaran kuman berbahaya. Itu sebabnya setiap orang disarankan untuk mencuci tangan bila memungkinkan.

Nah buat kamu yang belum tahu, berikut lima kesalahan yang sebaiknya dihindari saat mencuci tangan.

Kesalahan saat mencuci tangan 1. Tidak mencuci tangan dengan benar Mencuci tangan dengan sabun saja tidak cukup karena kuman mungkin bersembunyi di bawah kuku atau sela-sela jari. Oleh karena itu, seluruh bagian tangan harus dicuci bersih dan kuat untuk menghilangkan kotoran dan bakteri pada kulit.

2. Penggunaan sabun yang tidak tepat Sabun di kamar mandi bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Penggunaan tas ini, apalagi jika jarang dicuci, dapat mengakibatkan berpindahnya bakteri dan kuman ke tangan saat menggunakan sabun. Membawa sabun sendiri mungkin merupakan pilihan yang baik.

3. Cuci tangan dengan cepat Sebuah penelitian terbaru dari Michigan State University menunjukkan bahwa 95% orang mencuci tangan dalam waktu singkat, yang secara efektif dapat membunuh kuman. Setiap orang disarankan untuk mencuci tangan selama 20 detik untuk menghilangkan kuman, sedangkan kebanyakan orang hanya mencuci tangan selama 6 detik.

4. Jika tangan Anda tidak kering, seberapa baik Anda mencuci tangan, tidak ada gunanya jika tidak dicuci dengan baik. Bakteri lebih mungkin muncul dan bertahan hidup di tangan Anda saat dalam keadaan lembab.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah membersihkan tangan Anda secara menyeluruh. Gunakan handuk kertas atau handuk tangan untuk membantu menjaga tangan Anda tetap kering dan bebas kuman.

5. Menyentuh benda-benda najis setelah mencuci tangan, menyentuh keran atau wastafel setelah mencuci tangan akan menggagalkan upaya Anda dalam menghilangkan kuman dan bakteri. Jadi, untuk menutup pipa ini, Anda harus menutupi tangan Anda terlebih dahulu dengan selembar kertas.

Ada banyak kesalahan umum yang dapat membuat upaya mencuci tangan Anda sia-sia. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci tangan hingga bersih untuk menghindari berbagai kesalahan yang mungkin terjadi.

FYI, kalau kamu tidak bisa menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer.

Berikut lima kesalahan yang harus dihindari saat mencuci tangan. Belanja produk kesehatan dan kebugaran terlengkap di AladinMall. Download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store untuk menikmati gratis ongkos kirim dan promo belanja hemat lainnya. Jangan lupa kunjungi Blog AladinMall untuk segala macam informasi, tips dan review produk sesuai kebutuhan Anda.

Hari ini pukul 18:00 WIB ada harga spesial AladinMall live di aplikasi RCTI+. Bergabunglah bersama kami dan berbelanja sepuasnya selama liburan periklanan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *