5 Tips Jaga Keamanan Gmail di Android

oleh -107 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM – Pengguna Gmail disarankan mengikuti beberapa tips keamanan untuk melindungi akunnya dari peretasan. Ada beberapa tips yang bisa dengan mudah diikuti pengguna untuk menjaga keamanan Gmail.

Berikut lima tips keamanan Gmail, berdasarkan keterangan dari situs resmi Gmail, Jumat (21/10/2022):

1. Selesaikan pemeriksaan keamanan

Pengguna dapat membuka halaman Lihat Keamanan untuk melakukan banyak hal, seperti menambahkan opsi pemulihan akun, menyiapkan Verifikasi 2 Langkah untuk menambah keamanan akun, dan memeriksa izin akun.

2. Pilih kata sandi yang kuat

Pengguna harus menggunakan kata sandi atau password untuk akun Gmailnya. Pengguna disarankan untuk mengubah kata sandinya secara berkala.

Untuk mengubah kata sandi Anda, buka halaman login dan keamanan > Klik Kata Sandi > ikuti petunjuk di layar.

3. Periksa pengaturan Gmail Anda

Ada beberapa pengaturan yang dapat Anda periksa untuk memastikan tidak ada orang yang memiliki akses ke email pengguna.

Cara melihat pengaturan Gmail Buka Gmail menggunakan browser karena Anda tidak dapat melihatnya di aplikasi. Buka Pengaturan > Lihat semua pengaturan di kanan atas. Klik pada bagian tertentu dari tab untuk melihat pengaturan pengguna.

Pengguna dapat menelusuri tab Umum, tab Akun dan Impor, tab Filter dan Alamat terbatas, tab Penerusan dan POP/IMAP. Grafik Gmail di ponsel pintar. [Stok Shutter]

4. Perbarui aplikasi Gmail

Saat Anda memperbarui aplikasi, pengguna akan mendapatkan pembaruan keamanan terkini. Cara memperbarui aplikasi Gmail: Buka aplikasi Gmail dari Google Play Store. Klik Perbarui. Jika hanya opsi “Buka” yang muncul, berarti pengguna menggunakan versi terbaru.

5. Laporkan penipuan, spam, dan phishing

Jika pengguna menerima email mencurigakan yang meminta informasi pribadi atau keuangan, jangan membalas pesan tersebut atau mengklik link apa pun di email tersebut.

Dengan menjaga keamanan Gmail, pengguna akan mencegah upaya peretasan dan memberikan keamanan tambahan pada akun Gmail mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *