7 Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop Mentok di Logo

oleh -21 Dilihat
oleh

Jakarta – Cara ponsel Samsung mengatasi bootloop sangat menarik. Pasalnya, cukup banyak pengguna perangkat asal Korea Selatan yang mengalami masalah tersebut.

Sekadar informasi, ponsel yang mengalami bootloop akan menyebabkan penggunanya melakukan booting terlalu keras sehingga ponselnya tidak dapat digunakan. Ponsel yang mengalami bootloop sering kali stuck di logo Samsung saat dinyalakan.

Kondisi bootloop sendiri jika dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan kerusakan pada sistem ponsel. Oleh karena itu, perlu diketahui cara mengatasinya untuk mengurangi kerugian.

Lalu bagaimana cara mengatasi hp samsung bootloop stuck di logo? Maka tak ayal, demikian penjelasannya menurut berbagai sumber berita pada Selasa (2/1/2024).

1. Nyalakan ulang telepon.

Cara mengatasi hp samsung bootloop yang pertama adalah dengan melakukan restart hp. Langkah yang mungkin dilakukan adalah dengan menekan dan menahan tombol power. Matikan telepon Anda sebentar. Kemudian hidupkan kembali telepon.

2. Hapus file sampah

File sampah atau disebut juga cache merupakan salah satu penyebab ponsel bermasalah, oleh karena itu penting untuk menghapus cache dengan cara menekan dan menahan tombol power dan volume bawah untuk masuk ke recovery mode, lalu pilih Wipe Cache. Partisi dan klik Ya.

3. Keluarkan kartu SIM dan microSD. Pilihan lainnya adalah dengan melepas SIM dan kartu microSD. Keluarkan kedua kartu tersebut dari ponsel Samsung selama 30 menit, lalu masukkan kembali. Lakukan ini saat telepon mati.

4. Lakukan reset pabrik. Cara yang lebih efektif adalah dengan menggunakan metode factory reset. Masuk ke mode pemulihan menggunakan metode yang dijelaskan di atas dan klik opsi Hapus Semua Data. Namun pastikan file yang ada di ponsel Anda terlindungi terlebih dahulu.

5. Mengganti Komponen ROM Masalah bootloop pada ponsel Samsung bisa disebabkan oleh komponen ROM yang rusak, jika iya maka sudah saatnya mencari ROM baru yang cocok. Anda juga dapat mem-flash ROM Anda sendiri dengan mendownloadnya dari situs ROM seperti XdaDeveloper.

6. Lampu kilat

Flashing dapat dilakukan menggunakan komputer yang sudah terinstall driver USB Samsung dan sudah terinstall Odin3 Flashtool, cukup matikan ponsel lalu tekan tombol Power + Volume Bawah pada ponsel Samsung hingga muncul peringatan dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Setelah itu, buka Odin3 Flashtool di komputer Anda dan klik dua kali pada Flashtool hingga muncul menu flash. Hubungkan ponsel ke komputer dan pastikan ID:COM muncul, lalu klik dua kali file tersebut dan instal file tersebut di folder firmware.

Jika semua file sudah terisi sesuai kolom yang bersangkutan, klik Start dan tunggu hingga flash selesai hingga muncul status Pass, setelah itu ponsel akan restart dan update sistem sebelum menyala.

7. Kunjungi pusat layanan Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi service center resmi Samsung, dimana teknisi akan mendiagnosis kerusakan dan mencari solusinya. Yang Anda butuhkan hanyalah biaya perbaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *