7 Makanan Sehat Kaya Magnesium yang Baik untuk Tubuh

oleh -31 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Magnesium merupakan mineral yang paling melimpah di tubuh kita. Magnesium berperan dalam lebih dari 300 proses fisiologis yang berbeda, mulai dari pembuatan protein, menjaga fungsi otot, hingga berkontribusi pada kesehatan saraf.

Karena perannya dalam mengurangi stres dan kecemasan secara alami, beberapa orang cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan kaya magnesium.

“Saat perawatan diri menjadi lebih fokus, makanan kaya magnesium bisa menjadi cara yang mudah (dan murah) untuk merawat diri sendiri,” kata MPH, RD dan pemilik BZ Nutrition, Brigitte Zeitlin.

Menambahkan lebih banyak mineral ini ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan kualitas tidur, dan magnesium telah terbukti membantu meringankan gejala pramenstruasi, kembung, dan sembelit.

Berikut beberapa makanan kaya magnesium seperti disebutkan dalam Reader’s Digest, Minggu (24/12/2023). 1. Bayam

Terlepas dari apa yang dijelaskan Popeye, daun hijau ini mengandung lebih dari sekadar zat besi. Tambahkan bayam kukus ke pasta dan gunakan sebagai bahan dasar bakso, kata Zeitlin.

Biji yang ringan dan pedas ini jelas merupakan makanan super, bergabung dengan makanan super musim panas populer lainnya. Selain itu, sejumlah besar protein. Biji rami menyediakan asam lemak omega-3 dan -6 nabati, dan kurang dari seperempat cangkir menyediakan hampir 200 mg magnesium.

Taburkan biji rami pada oatmeal atau salad, atau campurkan ke dalam smoothie atau sup. 3. Kacang

Pasti ada yang sudah tahu kalau kacang-kacangan merupakan sumber protein, serat, dan lemak sehat. Ya, mereka juga punya cukup magnesium.

Satu ons almond menyediakan 20 persen RDA (nutrisi) untuk mineral. Kacang mete dan kacang Brazil adalah pilihan bagus lainnya untuk camilan kaya magnesium.

Berhati-hatilah dengan jumlah yang Anda makan, karena kacang-kacangan mengandung kalori tinggi.

Seperti kacang-kacangan, biji-bijian merupakan sumber banyak vitamin dan mineral. Pepitas, atau biji labu, adalah sumber magnesium yang baik, dengan seperempat cangkirnya menyediakan 42 persen RDA.

Dia bisa mendapatkan banyak serat darinya, terutama jika dia memakan cangkangnya. Nikmati segenggam penuh sebagai camilan atau taburkan di atas sup atau salad. 5. Cokelat hitam

Bubuk kakao mengandung 27 mg magnesium per sendok makan, jadi sebatang coklat memiliki jumlah yang baik per onsnya, dan kandungan ini meningkat seiring dengan jumlah kakao di dalam batangan.

Dengan kata lain, semakin gelap coklatnya, semakin tinggi persentase kakaonya dan semakin banyak magnesium yang Anda dapatkan.

Orang selalu mengira pisang mengandung potasium, padahal potasium bukanlah satu-satunya mineral yang bisa Anda dapatkan. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 8 persen magnesium.

Pisang juga merupakan camilan murah dan praktis yang cocok dipadukan dengan banyak makanan kaya magnesium lainnya, seperti sereal yang diperkaya, roti, dan selai kacang. 7. Kentang panggang

Manfaat kentang jarang diketahui, namun sebenarnya kentang merupakan sumber beberapa mineral, termasuk potasium dan magnesium.

Kentang panggang biasa lebih sehat dibandingkan kentang goreng dan menyediakan 11 persen magnesium. Poin bonus untuk mengolesi kentang panggang Anda dengan sesuatu yang berwarna hijau seperti brokoli atau arugula, bukan mentega atau susu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *