7 PTN yang Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Nilai Rapor Selain SNBP, Begini Ketentuannya

oleh -21 Dilihat
oleh

JAKARTA – Berikut 7 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terbuka menerima mahasiswa baru melalui jalur non-SNBP laporan. Selain Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), ternyata banyak PTN yang membuka penerimaan mahasiswa baru berdasarkan laporan nilai melalui metode lain. Dipaparkan di laman masing-masing sekolah, artikel kali ini akan membahas informasi seleksi masuk ke 7 PTN pada laporan jalan.

7 PTN Buka Pendaftaran Siswa Baru Untuk Nilai Rapor Selain SNBP

1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka opsi Penelitian Benih yang Lebih Baik untuk Masyarakat Miskin (PBUTM) khususnya bagi mahasiswa dengan potensi akademik tinggi, namun berasal dari keluarga tidak mampu.

Pilihan ini memerlukan nilai rapor setiap semester 1 sampai 5 poin di atas KKM. Selain itu, siswa juga diakui oleh sekolah dan termasuk dalam 25 persen siswa terbaik di kelasnya.

Selain PBUTM, UGM juga membuka seleksi melalui laporan kebijakan untuk mencari Indikator Kinerja Terbaik (PBUB). Pilihan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang menjuarai kompetisi olahraga, seni, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), baik tingkat nasional, nasional, maupun internasional. Mahasiswa wajib menyerahkan transkrip nilai semester 1 sampai 5 dengan nilai KKM yang tinggi untuk semua mata pelajaran.

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad juga membuka jalan untuk menampilkan kartu melalui Jalur Prestasi Unpad. Jalur Prestasi Unpad menentukan tingkat pendidikan dan prestasi atau penghargaan yang diterima mahasiswa. Proses kelulusannya sendiri didasarkan pada gabungan nilai terbaik tingkat nasional atau internasional dari semua sumber dan nilai akademik sesuai kuota.

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Program SBUB Undip menjadi pilihan bagi mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma melalui Seleksi Bisnis Terbaik (SBUB). Opsi ini terbuka bagi mereka yang lulus dalam tiga tahun terakhir, yakni pada tahun 2021, 2022, dan 2023 dari SMA/MA/SMK/MAK. Peserta yang mengikuti pilihan penerimaan Undip harus memiliki rata-rata rapor semester 70 dari skala 100.

4. Jalur PSSD Berprestasi Universitas Negeri Semarang (Unnes) Unnes merupakan jalur pilihan khusus bagi yang berminat kuliah di Sekolah Tinggi Keguruan (PGSD).

Program PGSD Unnes terbuka bagi mahasiswa yang lulus tahun 2023. Seleksi didasarkan pada nilai laporan semester 1-5 untuk mata kuliah Bahasa Inggris, IPA, IPS, Matematika, Kewarganegaraan dan SKS Indonesia minimal 8. Mahasiswa juga akan belajar bahasa Inggris . tes tertulis dan tes kemampuan serta wawancara.

5. Universitas Brawijaya (UB)

Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) merupakan seleksi penerimaan dari Universitas Brawijaya berdasarkan laporan dan mata kuliah yang belum terselesaikan sesuai aturan.

Melihat Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) Tahun 2023, terdapat banyak jalur, salah satunya adalah Jalur Rapor SMUB. Berikut syarat Rapor SMUB Jalur 2023 yang dapat dijadikan acuan bagi calon mahasiswa untuk pendaftaran tahun 2024:

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat Paket C tahun 2020, 2021 dari universitas diakui yang telah menyelesaikan studinya.

3. Foto siswa).

Besar kecilnya gambar pada sertifikat tergantung pada jenis sekolah masing-masing. Lulusan Tahun 2022 yang nantinya dinyatakan wajib menyerahkan dokumen kelulusan (SKL/Diploma) pada saat pendaftaran, mahasiswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan akan dikeluarkan sebagai mahasiswa baru Universitas Brawijaya selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *