9 Kesalahan Fatal yang Berpotensi Jadi Penyebab Gagal Lolos SNBP 2024

oleh -53 Dilihat
oleh

JAKARTA – Inilah 9 kesalahan fatal yang bisa berujung pada ketidakpatuhan SNBP 2024. Seleksi Masuk Nasional (SNBP) merupakan jalur seleksi pertama untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Nilai rata-rata di rapor menjadi faktor utama lolosnya seseorang dalam SNBP. Namun banyak faktor kesalahan yang meniadakan keinginan untuk menjalani SNBP. Apa saja faktor-faktor tersebut, artikel kali ini akan membahasnya, simak!

2024 9 Kesalahan Fatal yang Dapat Menyebabkan SNBP Gagal

1. Kurangnya pengetahuan rinci tentang isi informasi

Tahap pendaftaran SNBP tidak hanya melibatkan siswa tetapi juga sekolah. Oleh karena itu, siswa dan sekolah harus terus berkoordinasi untuk menghindari kesalahan terutama dalam pengisian informasi.

Tidak seluruh prosesnya diserahkan kepada pihak sekolah, namun siswa juga harus mencari tahu dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar SNBP 2024.

2. Abaikan informasi resmi

Langkah selanjutnya adalah mengabaikan informasi resmi terkait proses pendaftaran SNBP 2024.

Pastikan siswa membaca atau mencari informasi resmi di website atau media sosial SNPMB, dan jangan hanya mengandalkan informasi dari guru atau teman.

3. Gambar tidak valid

Siswa sering melakukan kesalahan format foto saat mendaftar SNBP. Meskipun ada langkah-langkah untuk mengunggah foto normal dari SNPMB, namun siswa harus mengikutinya dan tidak mengambil foto selfie.

Perhatikan juga ketentuan warna latar belakang pas foto yang wajib diisi, karena pas foto registrasi akan digunakan sebagai tanda pengenal saat pengecekan SNBP atau tanda kelulusan.

4. Portofolio yang tidak lengkap

Banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang tidak hanya mewajibkan rapor saja, namun juga mempunyai ketentuan untuk melampirkannya pada portofolio, seperti jurusan seni dan olah raga.

Jadi pastikan mahasiswa tidak asal-asalan dalam membuat dan menyusun portofolionya, apalagi jika tidak sesuai dengan jurusan yang dipilihnya. Ketahui juga portofolio yang disusun masing-masing departemen agar tidak terjadi kesalahan.

5. Tidak menganalisa rapor

Analisis rapor sangat penting bagi siswa untuk memprediksi kemampuannya. Jika nilai rapor terus meningkat dengan nilai rata-rata yang tinggi, siswa mempunyai kesempatan untuk memilih jurusan pilihannya dengan tingkat kesulitan yang lebih besar.

Sebaliknya kalau rapor siswanya terstandar, lebih baik besar, persaingannya lebih sedikit, atau minatnya lebih sedikit, peluang suksesnya lebih besar.

6. Jangan bergantung pada sertifikat dan prestasi

Kesalahan fatal lainnya adalah siswa tidak melampirkan ijazah atau prestasinya saat mendaftar SNBP 2024. Meski sertifikat prestasi ini diyakini dapat menambah nilai SNBP 2024, namun lampirkan sertifikat sesuai ketentuan.

7. Pilih satu jurusan saja

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minatmu, jangan memilih jurusan karena disuruh oleh teman, guru, atau orang tuamu. Bila sudah yakin, pertimbangkan kemampuan dan kekerasannya yang hebat. Jika siswa tidak memiliki nilai rapor yang cukup, carilah jurusan pengganti yang sesuai dengan nilai rapornya.

8. Daftarnya terbatas waktunya

Siswa akan khawatir tentang pendaftaran karena batas waktu pendaftaran semakin dekat. Sehingga kemungkinan besar terjadi kesalahan dalam pengisian data pendaftaran SNBP 2024, belum lagi server crash karena situs semakin banyak pengunjungnya seiring dengan semakin dekatnya batas waktu pendaftaran.

9. Iman

Kesalahan fatal yang terakhir adalah terlalu percaya diri hingga menghambat persiapan siswa menghadapi UTBK SNBT. Ada baiknya untuk memastikan, namun jangan terlalu sibuk menunggu pengumuman SNBP sebelum belajar memenuhi UTBK SNBT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *