Acuan Yahudi Untuk Ambil Tanah Palestina, Apa Perbedaan Kitab Taurat dan Talmud?

oleh -91 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM Educasi – Semakin maraknya perang Hamas-Israel di Gaza, maka semakin banyak pula informasi yang kita peroleh mengenai kedua belah pihak.

Belakangan ini kitab Yahudi yaitu Taurat menjadi perbincangan, karena disebut-sebut menjadi acuan umat Yahudi untuk mendirikan negara di Palestina.

Selain Taurat, ada juga kitab Talmud yang sering dijadikan referensi bagi warga Yahudi.

Nah, untuk lebih jelasnya, menurut Biblereasons.com, mari kita telusuri perbedaan kedua kitab tersebut.

Taurat mengacu pada lima kitab Musa, juga dikenal sebagai Pentateuch, yang bagi orang Yahudi merupakan bagian inti dari iman Yahudi dan sumber utama hukum dan etika.

Taurat adalah kata Ibrani yang berarti “instruksi”.

Berbeda dengan Tanakh yang memuat kitab-kitab lain yang termasuk dalam Perjanjian Lama Kristen.

Sedangkan Talmud merupakan catatan perdebatan para rabi pada abad ke-2 hingga ke-5 mengenai ajaran Taurat, baik yang mencoba memahami bagaimana ajaran tersebut diterapkan maupun mencari jawaban atas situasi yang mereka hadapi sendiri.

Kepercayaan Yahudi adalah bahwa Musa menerima Taurat sebagai teks tertulis bersama dengan komentar: Talmud.

Talmud dianggap sebagai tradisi lisan yang menyertai Taurat. Inilah gambaran kodifikasi utama ketetapan Yahudi. Beliau menjelaskan teks-teks tertulis Taurat agar masyarakat mengetahui bagaimana menerapkannya dalam kehidupannya.

Misalnya, kalimat dalam Taurat adalah “Jangan membunuh”, tapi bagaimana hal ini diterapkan pada bunuh diri atau membela diri atau selama perang?

Contoh lainnya adalah: apa yang diajarkan dalam ajaran Yahudi tentang pergi ke kamar mandi yang terdapat patung Romawi di dalamnya, namun apakah hal tersebut dianggap sebagai berhala dan berarti orang Yahudi tidak boleh pergi ke sana?

Nah, di dalam Talmud hal-hal ini dijelaskan. Berikut beberapa perbedaannya: Is

Torah

Musa memberikan Taurat langsung dari Tuhan di Gunung Sinai dan di Kemah Suci. Tuhan menyampaikan Firman-Nya dan Musa menuliskannya.

Kebanyakan sarjana modern mengatakan bahwa kompilasi Taurat adalah hasil penyuntingan (penulisan) ekstensif yang dilakukan selama bertahun-tahun oleh banyak penulis kuno dan penyuntingan terakhir dilakukan sekitar tahun 539 SM ketika Cyrus Agung menaklukkan Kekaisaran Neo-Babilonia. . di dalam. .

Talmud

Orang-orang Yahudi menganggap Talmud sebagai komentar lisan yang diberikan oleh Tuhan. Itu disusun oleh banyak Rabi dalam jangka waktu yang lama. Mishnah pertama kali ditulis oleh Rabbi Yehuda HaNassi, atau Rabbi Yehuda sang Pangeran. Ini terjadi tak lama setelah penghancuran Kuil Kedua pada tahun 70 SM

Torah

Taurat adalah 5 kitab Musa: Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan. Ini pada dasarnya adalah Alkitab Ibrani.

Taurat berisi 613 perintah dan merupakan keseluruhan konteks hukum dan tradisi Yahudi. Orang-orang Yahudi tidak menyebutnya Perjanjian Lama karena mereka tidak memiliki Perjanjian Baru.

Talmud

Talmud hanyalah tradisi lisan Taurat. Ada dua Talmud: Talmud Babilonia (Talmud yang paling umum digunakan) dan Talmud Yerusalem. Komentar lain telah ditambahkan berjudul Gemara. Semua komentar gabungan disebut Mishnah. Berikut beberapa contoh dari Taurat:

“Dan Allah berfirman, “Jadilah terang,” maka terang itu jadilah.”

“Tuhan berkata kepada Abram: – Keluarlah dari negaramu, dan bangsamu, dan rumah tangga ayahmu, pergilah ke tanah yang akan Aku tunjukkan kepadamu.

“Kemudian Musa dan Harun pergi menghadap Firaun dan berkata kepadanya, “Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Biarkan umat-Ku pergi, agar mereka dapat merayakannya untukku di padang gurun.”

“Akulah Tuhan, Allahmu, yang membawa kamu keluar dari Mesir, dari tanah pembuangan.”

“Imam itu menuliskan kutukan-kutukan ini pada sebuah gulungan, dan mencucinya dengan air pahit.”

“Dengarlah, hai Israel: Tuhan, Allahmu, Tuhan itu esa.” Berikut beberapa contoh dari Talmud:

“Seperti jiwa memenuhi tubuh, demikian pula Tuhan memenuhi dunia. Sebagaimana jiwa membawa tubuh, demikian pula Tuhan membawa dunia. Sebagaimana jiwa melihat namun tidak terlihat, demikian pula Tuhan melihat namun tidak terlihat.”

“Barangsiapa yang membinasakan satu nyawa, maka dosanya sama seperti ia telah membinasakan seluruh dunia, dan siapa yang menyelamatkan satu nyawa, ia menerima pahala yang sama seolah-olah ia telah menyelamatkan seluruh dunia.”

“Setiap keberkahan dalam sebuah rumah tangga datangnya dari wanita, maka hendaknya suaminya menghormatinya.”

“Anggur memberi nutrisi, menyegarkan, dan menyegarkan. Anggur adalah obat terbaik. Di mana pun ada kekurangan anggur, obat akan dibutuhkan.”

Taurat dan Talmud bersama-sama membentuk inti Yudaisme saat ini, dengan perintah-perintah dalam Alkitab yang sering ditafsirkan ulang berdasarkan argumen Talmud (misalnya ‘mata ganti mata’ tidak berarti pembalasan fisik secara harafiah tetapi kompensasi finansial atas rasa sakit, rasa malu di depan umum, meninggalkan pekerjaan , biaya pengobatan, dll).

Meskipun Taurat dianggap ilahi dan tidak dapat diubah, Talmud mewakili perdebatan dan interpretasi kerabian selama berabad-abad untuk menerapkan ajaran Taurat dalam kehidupan sehari-hari. Ilmuwan Muslim Ini Dikenal Sebagai Bapak Robotika Sebelum peradaban barat menciptakan berbagai teknologi yang digunakan saat ini, 800 tahun yang lalu, dunia mengenal ilmuwan Muslim dan mekanik modern. INFOKUTIM.COM.co.id 12 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *