Anggaran Capai Rp1,4 Miliar, ESDM Baru Bantu 145 Unit Konversi Motor Listrik

oleh -22 Dilihat
oleh

Jakarta: Departemen Umum Ketenagalistrikan (Ditchen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat hanya 181 motor listrik yang selesai dibangun pada tahun 2023. Angka tersebut jauh dari target 50.000 unit.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Dirjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Dirjen) Jisman P Hutajulu mengatakan, 145 program mendapat total Rp 1,4 miliar dari pemerintah, dengan rincian delapan program hibah Rp 7 juta dan 137 unit bantuan. Dari Rp 10 juta.

“Kemudian 36 program masih dalam proses uji kelayakan dan penyerahan SUT serta Surat Tanda Pendaftaran (SRUT) tahun 2024 sehubungan dengan perubahan STNK tersebut,” jelasnya, saat konferensi pers pelaksanaan tahun 2023. . Dan Program Kerja Tahun 2024 di Kantor Dinas Ketenagalistrikan Jakarta pada Kamis (18/1/2024).

Ia mengatakan, hal ini juga melibatkan perubahan Surat Tanda Registrasi Kendaraan (VRC) hingga perubahan informasi jenis mesin menjadi kendaraan listrik.

Selain itu, Jisman mengungkapkan, untuk mendorong program konversi sepeda motor listrik, selain meningkatkan subsidi kendaraan listrik, promosi juga telah dilakukan di 10 provinsi. Hal ini juga mencakup penyediaan pelatihan dan lokakarya untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam lokakarya transformasional.

Saat ini terdapat 28 bengkel konversi yang tersertifikasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Selain itu, 13 bengkel konversi telah memasuki platform digital dan memiliki total kapasitas konversi 38.124 unit per tahun.

“Kementerian ESDM telah menyelenggarakan pelatihan dan workshop di wilayah Jawa, Bali, Nusa Teng, Karawang, Mantan dan Sulawesi dengan total peserta 617 orang yang berasal dari SMK Otomotif, workshop UMKM, seminar perguruan tinggi dan balai pelatihan kerja.”

Sebelumnya, Menteri ESDM juga mengindikasikan capaian konversi sepeda motor berbahan bakar bensin (BBM) menjadi sepeda motor listrik masih di bawah target 500.000 unit.

“Capaiannya memang belum kita harapkan, namun perlu dilakukan sosialisasi dan metode, serta pembenahan mekanisme di ESDM dan hubungan antar kementerian (KL),” jelasnya dalam konferensi pers capaian di ESDM. Program Kerja Tahun 2023 dan 2024 di Kantor. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Jakarta Senin lalu (15/1/2024).

Saat ditanya angka pastinya, Arifin mengaku angkanya masih kecil. Sayang sekali di bawah 1.000 (unit) pendaftarnya banyak sekali, imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *