Antibiotik Baru Mampu Atasi Infeksi Bakteri yang Sulit Diobati Selama Lebih dari 50 Tahun

oleh -21 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Para ilmuwan mengumumkan terobosan besar di bidang antibiotik dengan menciptakan obat baru bernama Zosurabalpin. Antibiotik tersebut telah terbukti membunuh Acinetobacter baumannii (CRAB), salah satu bakteri paling berbahaya dan resistan terhadap obat.

Para ahli menyebut penemuan ini sebagai langkah penting yang menawarkan harapan bagi pengobatan infeksi serius lainnya. KEPITING, yang dianggap sebagai “patogen penting pertama” oleh WHO, dapat menyebabkan infeksi serius pada pasien rawat inap, seperti infeksi darah dan dada, dengan angka kematian 40-60 persen.

Dalam percobaan awal, Zosurabalpin yang dibuat oleh Roche menunjukkan kemampuan untuk menghancurkan bakteri yang dilindungi oleh lapisan kulit tebal, yang merupakan tantangan besar dalam pengembangan obat. Para peneliti menyebutnya sebagai kemajuan penting karena bakteri ini sulit diobati selama lebih dari 50 tahun.

Direktur Ilmiah Institut Penelitian dan Pengembangan Gabungan Global, Laura Piddock, mengatakan bahwa struktur kompleks bakteri ini membuat mereka sulit ditembus oleh obat, namun Zosurabalpin mengatasi hambatan ini dengan menghancurkan kemampuan bakteri untuk mempertahankan warnanya sendiri.

“Ini sungguh menarik, tidak hanya baik untuk bakteri jenis ini, tapi juga bermanfaat bagi bakteri lainnya,” kata Piddock melalui The Sun, Rabu (9/1/2024).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *