Aplikasi Pelacak Kebugaran Buatan Lokal Ini Jadi Sorotan

oleh -86 Dilihat
oleh

Jakarta, 22 Oktober 2023 – Indonesia dinobatkan sebagai negara paling malas berjalan kaki di dunia. Oleh karena itu, teknologi fitnes berperan penting dalam mendorong pola hidup sehat dan menjaga ketahanan fisik.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan diluncurkannya aplikasi Habuds yang dimulai oleh seorang siswa SMA bernama Irene Tanihaha.

Irene adalah remaja berusia 17 tahun yang bercita-cita memulai perubahan di Indonesia. Terinspirasi oleh ibunya, seorang penggila kebugaran, ia ingin menginspirasi masyarakat untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dan aktif.

Dia mencari cara untuk melibatkan penonton seperti dirinya yang kesulitan berolahraga setiap hari. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menerapkan pendekatan gamifikasi untuk memotivasi pengguna agar menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Visinya menjadi nyata dengan aplikasi pelacakan kebugarannya, Habuds. Aplikasi lokal ini dirancang secara unik untuk melayani masyarakat Indonesia secara khusus dan mendorong mereka untuk menciptakan kebiasaan hidup sehat.

Dengan menyelesaikan tugas harian dan mencapai pencapaian harian, pengguna mendapatkan poin yang dapat ditukar dengan hadiah di dunia nyata.

Meski baru diluncurkan, Habuds memiliki kemampuan penuh untuk melacak aktivitas fisik yang dilakukan penggunanya mulai dari jalan kaki, lari, bersepeda, dan tidur, ujarnya, mengutip INFOKUTIM.COM Techno di Jakarta Selatan.

Iqbal, salah satu anggota tim pengembangan Habud, mengatakan aplikasi tersebut bekerja dengan menggunakan informasi dari sensor ponsel pintar.

“Untuk iOS, Habuds terhubung ke Apple Health. Sedangkan untuk Android, deteksi fase dilakukan secara mandiri, ujarnya.

Sekadar informasi, Irene meraih Irene Award dari Museum Rekor Indonesia untuk kategori Wanita Termuda Peluncur Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran.

Sogiharto Santoso, Ketua Umum Persatuan Pengusaha ICT Nasional, menjelaskan aplikasi tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih beragam kepada penggunanya. Garmin Venu 3s dengan Comfort Garmin Venu 3s merupakan perangkat yang menunjang aktivitas fisik dan kesehatan penggunanya. Dengan fitur-fitur canggih memudahkan pengguna dalam memahami tubuhnya sendiri. INFOKUTIM.COM.co.id 24 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *