Bagian Tubuh yang Sering Lupa Dibersihkan Ketika Mandi, Perhatikan 5 Area Ini

oleh -55 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Rutin mandi menjadi kunci penting menjaga kebersihan tubuh. Ironisnya, masih banyak bagian tubuh yang kerap tidak dibersihkan di kamar mandi.

Jika area tubuh tersebut tidak dibersihkan dengan baik saat mandi, maka kulit di area tersebut dapat menimbulkan lebih banyak masalah kulit. Area tersebut juga lebih rentan terkena infeksi jamur di tubuh.

Menurut dokter keluarga Dr Jean-Claude, ada lima bagian tubuh yang sering terlupakan dan jarang dibersihkan saat mandi. Seperti dilansir Express, Sabtu (23/12/2023), kelima area tubuh tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pusar

Menurut Dr.Claude, Area yang jarang dibersihkan saat mandi adalah leher. Padahal, bagian leher merupakan tempat yang mudah kotor. Oleh karena itu, dr Claude mengimbau masyarakat untuk ingat membersihkan pusar setiap kali mandi.

2. Di belakang telinga

Area lain yang jarang dibersihkan adalah bagian belakang telinga. Untuk mengetahui apakah area belakang telinga kotor, gosok area tersebut dengan jari Anda dan cium baunya. Bau yang tidak sedap menandakan bagian belakang telinga kotor dan perlu dibersihkan.

3. Di bawah kuku

Berbagai kotoran dan kuman penyebab penyakit mudah terjebak di bawah kuku. Jika kurang bersih, kotoran dan kuman di bawah kuku bisa menyebabkan berbagai jenis infeksi, seperti cacing kremi.

Kuku harus dijaga tetap pendek dan bagian bawah kuku harus sering dibersihkan dengan sabun dan air. Semakin panjang kuku, semakin mudah pula kotoran dan kuman bersarang. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan kuku pendek.

4. Berjalan kaki

Beberapa orang menggunakan sabun saat mandi hanya untuk mengoleskannya pada area tubuh. Hal ini dilakukan karena sabun diduga mengalir dari tubuh ke kaki dan membersihkan area tersebut.

Asumsi ini tidak benar. Sama seperti tubuh, kaki juga harus dibersihkan dengan sabun.

5. Di sela-sela kaki

Area sela-sela jari kaki mudah menumpuk kotoran dan kuman. Jika ingin terhindar dari kemungkinan terserang penyakit, Anda perlu membersihkan area ini dengan baik saat mandi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *