Begini Isi Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Pulau Jawa, Bakal Terbelah Jadi Dua?

oleh -35 Dilihat
oleh

Jakarta – Jayabaya sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Pulau Jawa. Ia merupakan penguasa Kediri pada tahun 1135 hingga 1157, dan merupakan salah satu raja yang membawa Kerajaan Kediri mencapai puncak kejayaannya.

Raja Jayabaya terkenal dengan banyak ramalannya. Salah satu simbol Jayabaya yang paling terkenal adalah terpecahnya Pulau Jawa akibat bencana besar yang sering kali melibatkan aktivitas gunung berapi, salah satunya Gunung Semeru.

Gunung berapi ini merupakan salah satu gunung suci yang dihuni oleh sekelompok orang. Puncak Gunung Semeru merupakan tempat bersemayamnya dewa-dewa Hindu dan menghubungkan Bumi dan Langit.

“Pulo jawa pecah dadi loro, wong jawa kari separuh, (Pulau jawa akan terbelah, yang jawa saja yang separuh)” Ramalan Jayabaya tentang pulau jawa akan terbelah menjadi dua bagian antara barat dan timur. kelompok.

Merangkum dari berbagai sumber, Gunung Semeru merupakan mitos bahwa gunung berapi ini merupakan puncak Gunung Meru di India yang dibawa ke Pulau Jawa oleh Dewa Brahma dan Dewa Wisnu sebagai tiang tanah.

Informasi yang terdapat dalam Tantu Panggelaran menunjukkan bahwa Pulau Jawa masih berada di lautan sebelum Gunung Semeru dibangun. Sebab, di Jawa saat itu belum ada pers.

Legenda lain menghubungkan letusan gunung Semeru dengan ramalan Jayabaya tentang terpisahnya pulau jawa, letusan gunung berapi ini merupakan pertanda akan adanya bencana yang akan menimbulkan penderitaan yang sangat besar bagi masyarakat disana.

Selain itu, usulan Jayabaya untuk pemekaran Pulau Jawa terkait dengan aktivitas vulkanik Gunung Slamet di lima kabupaten di Jawa Tengah, yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, dan Tegal.

Faktanya, masyarakat di lereng Gunung Slamet masih mempercayai hal itu hingga saat ini. Selain itu, gunung yang tingginya 3.432 meter di atas permukaan laut ini terletak di antara pantai utara dan selatan Pulau Jawa. Selasa 16 Januari 2024 Ramalan Zodiak: Aries hati-hati di tempat baru, Gemini bakal bikin orang marah. Perlakukan diri Anda Taurus. Gemini, kamu marah pada orang lain. INFOKUTIM.COM.co.id 16 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *