Bermodal Kalahkan Vietnam, Thom Haye Pede Timnas Indonesia Kalahkan Irak di GBK: Kami Punya Kualitas

oleh -56 Dilihat
oleh

Laporan jurnalis INFOKUTIM.COM.com Alfarizi AF

INFOKUTIM.COM.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia akan menghadapi lawan berat pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim Garuda akan menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Kamis (6/6/2024) pukul 16:00 WIB.

Laga tersebut sepertinya akan menjadi laga berat bagi timnas Indonesia jika melihat rekor mereka sebelumnya.

Gelandang Timnas Indonesia Tom Hay tak memungkiri Macan Mesopotamia -julukan Irak- merupakan rival sengit.

“Saya kira mereka rival yang kuat,” kata Tom Hay kepada media di Kompleks A&B GBK, Selasa (28/5/2024).

Meski bukan yang paling diunggulkan dalam hal rekor pertandingan, Tom Haye yakin bisa membantu timnya meraih kemenangan melawan Irak.

Apalagi tim Garuda meraih dua kemenangan dalam dua laga terakhirnya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia sukses mengalahkan Vietnam dalam dua laga babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang digelar zona Asia.

Tim Garuda menang 1-0 saat menjamu Vietnam di SUGBK pada 21 Maret tahun lalu. Lima hari kemudian, Cs asuhan Thom Haye mempermalukan Golden Star Warriors dengan kemenangan kandang 3-0.

“Tetapi saya pikir kami menunjukkan kualitas kami di pertandingan terakhir. Kami bermain di kandang sendiri dan itu sebuah keuntungan,” kata Thom.

Mengomentari persiapannya, Tom Haye mengaku masih harus beradaptasi dengan cuaca di negara asalnya.

Meski demikian, eks pemain SC Heerenveen ini mengaku beradaptasi dengan cuaca tidak sesulit saat bermain di Indonesia dulu.

Tom Hay mengaku harus datang lebih awal agar cepat beradaptasi dengan cuaca di Indonesia.

“Ini berbeda dari apa yang biasanya saya rasakan. Saya sudah beberapa kali ke sini jadi saya mulai terbiasa,” kata pemain berusia 29 tahun itu.

“Makanya lebih baik saya datang lebih awal. Saya bisa bersiap untuk pertemuan berikutnya. Itu bagus buat saya,” ujarnya.

Timnas Indonesia kalah di babak penyisihan grup di Irak, Shin Tae-ong buka arahan wasit

Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Irak pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Laga tersebut akan digelar pada Kamis (6/6/2024) pukul 16.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Secara statistik, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-ongong kurang beruntung saat menghadapi Macan Mesopotamia, julukan tim Irak.

Belakangan ini, Shin Tae-yong belum pernah kalah, baik di tim senior maupun pertandingan kelompok umur.

Pelatih asal Korea Selatan itu tak memungkiri bahwa rekor buruk mereka melawan Irak membuatnya tertarik. Namun Shin Tae-yong menyebut kepemimpinan wasit, khususnya saat Piala Asia U-23 dinilai bias.

“Saya pikir kami kalah dari tim nasional senior dan kami kalah dari tim U-23,” kata Shin Tae-ongong.

“Kami kalah dari U-23,” ujarnya kepada wartawan di Stadion B, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Shin Tae-ong sebelumnya gagal meraih kemenangan untuk Indonesia melawan Irak pada babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda tersingkir 1-5 di kandang Macan Mesopotamia.

Hasil tersebut hampir terulang saat Indonesia bertemu Irak di babak penyisihan grup Piala Asia 2023. Saat itu, tim Garuda kalah 1-3.

Shin Tae-ong baru-baru ini mengantarkan Timnas U-23 Indonesia meraih kemenangan atas Irak U-23 pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Pertandingan sengit yang dipimpin oleh Emin berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Irak, pupuslah harapan Indonesia di Olimpiade.

Berkaca pada pertandingan U-23, Shin Tae-ongong berharap sang manajer bersikap adil pada pertandingan mendatang.

Jika wasit di lapangan bisa menjalankan tugasnya dengan baik, Shin Tae-ongong mengaku bisa membawa timnas Indonesia meraih kemenangan.

Kali ini, mungkin 50-50 jika wasit bersikap adil kepada kedua belah pihak. Maka saya bisa mencoba untuk menang, kata Sheen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *