Besok Selasa 27 Juni 2023 Umat Muslim Dianjurkan Puasa Tarwiyah, Ini Bacaan Niatnya

oleh -73 Dilihat
oleh

Jakarta – Umat Islam Indonesia kini telah memasuki bulan Dzulhijjah 1444 H. Pada tanggal 10 Dzulhijjah atau Kamis 29 Juni 2023, umat Islam akan merayakan Idul Adha 1444 H.

Dua hari sebelum Idul Adha, ada hari yang disebut tarwiyah, disebut 8 Dzulhijjah. Pada hari itu, disunnahkan bagi umat Islam untuk berpuasa. Untuk tahun 1444 H, puasa Tarwiyah bertepatan dengan Selasa 27 Juni 2023 besok. Kini tanggal 9 Dzulhijjah jatuh pada hari Rabu tanggal 28 Juni 2023 yang disebut dengan puasa Arafah.

Untuk bisa berpuasa tarwiyah sebenarnya harus niat terlebih dahulu malam pertama hingga subuh hari itu.

Kutipan dari NU Online diperoleh Alhafiz Kurniawan dalam artikelnya yang berjudul ‘Inilah Niat Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah’, inilah Niat Puasa Tarwiyah .

“Kamu bisa pergi ke padang pasir.”

Artinya, “Saya berharap besok bisa puasa Sunnah Tarwiyah karena Allah SWT.”

Hari puasa tarwiyah 8 hari Dzulhijjah ini khusus disebutkan oleh para ulama Mazhab Syafi’i. Selain itu, mereka juga menganjurkan puasa delapan hari pertama bulan Dzulhijjah dan puasa di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Sebagaimana ditulis Syekh Said Muhammad Ba’asyin dalam bukunya yang berjudul Busyral Karim (Beirut: Darul Fikr, 2012 M/1433-1434 H], juz II, halaman 488), bahwa “Puasa 8 hari sebelum hari Arafah. arti kata Matan, ’10 Dzulhijjah’. “Tetapi puasa pada tanggal 8 Dzulhijjah dianjurkan sebagai bentuk ihtiyath pada hari Arafah dan dengan 8 hari pertama bulan Dzulhijjah,”

Sebagai informasi, ada tiga gagasan penamaan tanggal 8 Dzulhijjah sebagai hari tarwiyah, seperti (1) pemikiran Nabi Adam tentang pembangunan Ka’bah, (2) pemikiran Nabi Ibrahim tom dibalik mimpi dipaksa untuk membunuh. putranya, dan (3) memikirkan tentang haji, tentang shalat yang akan dilakukan pada hari Arafah.

Seperti yang ditulis Sunnatullah dalam artikel berjudul ‘Penataan Hari Tarwiyah, Arafah dan Pentingnya’. Yakin dan Berubah, Noe Letto: Menurutku Islam Mengajarkan Keimanan Kepada Tuhan Noe Letto dikenal sebagai musisi yang merupakan anak dari seorang pendakwah kondang bernama Cak Nun. Namun ia menjadi ateis atau atheis INFOKUTIM.COM.co.id 3 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *