Bintang Paling Terang Betelgeuse ‘Menghilang’ dari Langit Pekan Depan, Apa Penyebabnya?

oleh -99 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Pekan depan, langit menantikan pertunjukan istimewa bagi para pengamat bintang: Betelgeuse, salah satu bintang paling terang di bahu kanan konstelasi Orion. sedang mengalami fenomena langka ketika untuk sementara tertutup oleh asteroid 319 Leona

Peristiwa tersebut hanya berlangsung selama 12 detik dan diperkirakan terjadi pada Senin (12/11/2023) sekitar pukul 20.17 EST atau Selasa (12/12/2023) pukul 08.17 WIB. Sayangnya, hanya segelintir orang saja yang bisa menyaksikan peristiwa tersebut secara langsung tanpa menggunakan alat seperti teleskop.

Namun, Proyek Teleskop Virtual akan menyiarkan acara tersebut secara langsung. Agar semua orang di seluruh dunia bisa mewujudkannya. Penting untuk mengetahui posisi Betelgeuse di langit malam.

Menurut Gianluca Massi, ahli astrofisika dan direktur proyek Teleskop Virtual, Penyembunyian seperti itu sangat berguna untuk mempelajari bentuk asteroid terkait. “Peristiwa ini juga memberikan kesempatan untuk memperdalam pemahaman kita tentang bagaimana variasi kecerahan Betelgeuse terjadi,” kata Massey, dilansir Best Life, Jumat [12/8/2023].

Di belahan bumi utara Lihatlah ke timur sekitar dua jam setelah matahari terbenam. Betelgeuse berada di cakrawala yang sama dengan Mintaka di sebelah kiri. Inilah tiga bintang yang mudah dikenali di sabuk Orion: Alnitak, Alnilam, dan Mintaka.

Selain menjadi peristiwa menarik, “hilangnya” Betelgeuse juga memiliki manfaat praktis bagi para astronom. Para ahli berharap dapat mempelajari lebih lanjut tentang permukaan Betelgeuse. Termasuk bentuk dan ukuran asteroid 319 Leona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *