Bupati Ardiansyah Sebut Hasil Produk Holtikultura Kutim Berkualitas

oleh -83 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menyebut, hasil produk pertanian terutama holtikulura yang di hasilkan oleh para petani di Kutim, karena memiliki kualitas yang baik dan harga yang kompetitif.

“Contohnya Buah semangka ini, saya tadi dapat laporan dari Ketua Kelompok Tani Kutim Pelangi Sejahtera, yang kita panen ternyata sudah di sold out (terjual habis),” ujar Bupati Ardiansyah Sulaiman usai panen Buah semangka milik Kelompok Tani (Poktan) Kutim Pelangi Sejahtera di Kampung Jawa desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara pada Kamis (20/07/2023).

Bupati Ardiansyah juga meminta agar lahan tanam buah dengan nama latin Citrullus lanatus ini diperluas, selain untuk mengoptimalkan lahan yang ada, juga bisa membantu meningkatkan perekonomian para petani,mengingat kebutuhan masyarakat terhadap buah di pasaran yang masih cukup tinggi, khusunya semangka.

“Dan Alhamdulillah kita secara perlahan sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal kita, bahkan saat ini kita juga sedang menyiapkan satu komoditas yang di harapakan bisa memenuhi permintaan pasar lokal kita yakni Bawang Merah yang saat ini dikembangkan di Sangatta Selatan dan Rantau Pulung,” ujarnya di hadapan Kapolres AKBP Ronni Bonic, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Sodikin, Kepala Desa Swarga Bara yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dirinya juga bersyukur, saat ini hasil dari pertanian, khususnya di Kutim sudah mampu memberikan penghidupan bagi para petani, untuk itu pemerintah akan terus berupaya memberikan perhatian serius kepada para pahlawan pangan ini agar tidak hanya mampu menghasilkan produk pertanian yang berkualitas namun juga berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kelompok Tani Kutim Pelangi Sejahtera mengaku bersyukur peran pemerintah daerah untuk terus mendorong kemandirian para petani saat ini sudah banyak di rasakan.

“Salah satunya dengan adanya jalan usaha tani yang memudahkan kami dalam mengangkut hasil pertanian, sehingga mengurangi biaya angkut yang biasanya kami harus alokasikan, mewakili teman-teman saya ucapkan terima kasih,” ujarnya.

Diketahui, Poktan Kutim Pelangi Sejahtera yang beranggotakan 18 petani melaksanakan panen buah semangka di lahan seluas 1 hektare yang diperkirakan mampu menghasilkan 12 ton. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *