Cara Ampuh Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya yang Bikin Kepala Gatal, Intip Yuk

oleh -25 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta Ada banyak cara eliminasi yang bisa Anda coba. Mulailah dengan cara alami atau gunakan obat-obatan. Kepala atau nama ilmiahnya Pediculus humanus capitis merupakan parasit kecil yang suka hidup di kepala manusia. Mengapa disebut parasit? Pasalnya, serangga ini hidup dengan cara menghisap darah manusia sehingga dapat menimbulkan kerusakan. Untuk itu, Anda wajib mengetahui cara ampuh menghilangkan kutu pada telurnya.

Sebab kepala dan telurnya bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Namun masalah ini biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak yang masih aktif bermain, dibandingkan pada orang dewasa.

Maka untuk mengetahui apakah Anda terkena virus atau tidak, Anda harus mengetahui dan memastikan terlebih dahulu berbagai gejala sakit kepala secara umum. Misalnya timbul rasa gatal yang berlebihan pada kulit, munculnya telur kutu di folikel rambut, sensasi ada sesuatu yang bergerak di wajah kepala, hingga area kulit kepala dan leher menjadi merah. Untuk lebih memahami cara mencegah dan mengobati diri serta telurnya, Anda bisa mengecek langsung informasinya di sini. ada yang lain?

Hingga saat ini, banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang dari mana asal kepala mereka. Tapi darimana sebenarnya rambut ini berasal? Sebenarnya, penyakit ini ditularkan secara seksual dari satu orang ke orang lain. Misalnya, Anda mempunyai teman atau anggota keluarga yang mengidap kutu dan biasanya mereka ada di sekitar Anda.

Tanpa disadari, sehingga rambut tersebut melompat dan bergerak di kepala Anda. Oleh karena itu, jika ada orang terdekat Anda yang mengalami masalah tersebut, ada baiknya jaga jarak terlebih dahulu agar tidak tertular. Selain itu, peluang Anda terkena kutu rambut akan semakin besar jika Anda jarang menjaga kebersihan diri. Ya, serangga kecil ini menyukai tempat yang bersih seperti sarangnya.

Jadi berhati-hatilah mulai sekarang agar tidak sampai ke kepala dan telurnya. Soalnya kalau sudah terinfeksi, maka sebaiknya coba bersihkan. Selain itu, kulit kepala berbentuk telur sangat kecil dan sangat menempel pada batang rambut.

Bagi Anda yang pernah terjangkit kutu rambut, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada banyak cara efektif dan sederhana yang bisa dilakukan agar kutu tersebut hilang dan tidak meninggalkan bekas. Ya, ini juga harus dilakukan dengan tekun, penuh kehati-hatian dan ketekunan. Mari kita lihat seperti apa mereka. 1. Cuci rambut Anda secara teratur

Seperti yang sudah dijelaskan, kepala sangat menyukai tempat yang kotor dan basah. Oleh karena itu, untuk menghindari atau mengatasi makhluk kecil ini, Anda harus rutin mencuci rambut dengan sampo yang baik. Cara menghilangkan kutu rambut ini salah satu yang paling mudah dan bisa Anda lakukan sendiri, tanpa bantuan orang lain.

Untuk melakukan cara menghilangkan kutu yang efektif ini, Anda hanya perlu mencuci rambut secara rutin. Setidaknya cuci rambut Anda setiap tiga hari sekali. Namun, jika Anda memiliki rambut berminyak dan mudah kusut, tidak ada salahnya untuk lebih sering keramas. Cobalah tips menghilangkan rambut dan telur berikut ini, agar kepala Anda bebas ruam dan Anda bisa tampil percaya diri kembali. 2. Gunakan sampo yang tepat

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan sampo khusus yang mampu membunuh kutu rambut beserta telurnya. Salah satunya, Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung asam salisilat. Kandungan ini sendiri dipercaya mampu mengatasi kulit kepala gatal akibat gigitan kutu. Selain itu, sifat antibakteri dan antiinflamasinya juga dapat mengatasi kerusakan kulit.

Selain sampo yang mengandung salisilat, Anda juga bisa menggunakan sampo yang mengandung permetrin sebagai cara menghilangkan kutu yang efektif. Permetrin adalah bahan aktif dalam insektisida kutu rambut yang dijual bebas. Produk ini sering direkomendasikan karena manfaatnya mampu menghilangkan banyak folikel rambut setelah beberapa hari pemakaian. 3. Gunakan pengobatan kutu rambut yang sangat efektif

Pengobatan kutu rambut merupakan pengobatan kutu rambut selanjutnya yang bisa Anda coba. Seperti namanya, obat kutu rambut dirancang untuk menghilangkan kutu dan telur kutu yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Cara menghilangkan kutu yang ampuh ini juga mudah dilakukan, karena Anda hanya perlu menggunakan obat kutu secara rutin hingga serangga kecil tersebut benar-benar hilang.

Pengobatan kutu rambut yang paling efektif biasanya bisa didapatkan di apotek terdekat, karena produk ini dijual bebas. Produk ini juga memiliki beberapa variasi seperti spray dan salep. Produk rambut ini bisa digunakan setiap dua atau tiga hari sekali.

Caranya cukup aplikasikan pada rambut basah terlebih dahulu. Setelah itu tutupi kepala dengan handuk atau shower cap selama 30 menit. Setelah itu bilas kembali dengan air bersih dan keringkan. 4. Gunakan losion Ivermectin

Bentuk kepala telur yang kecil seringkali menjadi kendala saat ingin membersihkan kutu dari batang rambut. Namun hal ini bisa diatasi jika Anda menggunakan lotion ivermectin. Ini adalah cara yang ampuh dan efektif untuk menghilangkan jerawat.

Cara menghilangkan ketombe yang efektif adalah dengan mengoleskan lotion pada batang rambut dan area kulit kepala yang kering. Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Anda juga harus ingat bahwa penggunaan obat kutu rambut yang sangat efektif ini tidak dapat digabungkan dengan pengobatan kutu lainnya. Selain itu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli, karena obat kutu ini mengandung bahan yang kuat. 5. Sisir rambut menggunakan sisir khusus kutu

Cara menghilangkan kutu rambut selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menyisir rambut menggunakan sisir khusus kutu. Berbeda dengan sisir biasa, sisir kutu ini memiliki jarak antar gigi yang lebih rapat. Sehingga kepala dan telurnya terjebak diantara kubu.

Sebelum menyisir rambut dengan kue kutu khusus ini, ada baiknya Anda sujud terlebih dahulu dan menyiapkan kertas atau alas berwarna putih. Setelah itu, baurkan secara perlahan mulai dari bagian bawah hingga ujung rambut. Lakukan beberapa kali hingga bagian dasarnya terisi banyak telur hingga bagian atasnya. 6. Coba gunakan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang efektif dan efisien. Minyak kelapa sendiri mengandung asam lemak jenuh yang dapat dihilangkan dari kulit kepala dan telur. Bahan alami ini sering dianggap sebagai obat ketombe yang paling mujarab dan memiliki efek samping yang minimal.

Caranya, cukup tuangkan 3 sendok makan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Oleskan secara merata pada kulit dan rambut, lalu pijat dengan lembut. Kemudian tutup dengan handuk atau shower cap dan diamkan selama 4-5 jam. 7. Campurkan cuka dan garam

Anda juga bisa menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan garam. Bahan alami ini dianggap sebagai antiseptik untuk menghilangkan telur rambut dan kulit kepala. Untuk menambah kelembapan pada kulit kepala, Anda bisa menambahkan beberapa tetes cuka ke dalam larutan garam.

Meski murah, alat penghilang bulu dan telur jenis ini dinilai mampu menghilangkan bulu dan telur tanpa susah payah. Apalagi karena bahan-bahan tersebut juga bisa ditemukan di rumah. 8. Manfaatkan lemon dengan baik

Siapa sangka lemon bisa menjadi cara menghilangkan kutu yang efektif. Ya, bahan alami ini memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga sangat baik digunakan sebagai krim penghilang kutu dan telur.

Untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya, Anda bisa memeras dua buah lemon dan mencampurkannya dengan 100 ml air biasa. Setelah dirasa sudah tercampur rata, Anda bisa menggunakan cairan tersebut dan menggosoknya perlahan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 45 menit dan bilas dengan air bersih. 9. Andalkan minyak kayu putih

Cara ampuh menghilangkan kutu secara alami juga bisa dilakukan dengan minyak kayu putih. Bahan alami yang biasa dikenal dengan nama minyak kayu putih ini diketahui memiliki aroma sedap yang disukai serangga, termasuk kutu rambut. Selain itu, minyak kayu putih juga dapat meredakan rasa gatal akibat gejala kulit kepala penghisap darah.

Cara menggunakan minyak kayu putih sangat sederhana. Anda hanya perlu menuangkan 5-10 tetes minyak alami ini ke kulit kepala Anda. Lalu oleskan secara merata dan pijat perlahan selama 10 menit. Setelah dipijat, diamkan selama kurang lebih 2 jam agar aroma yang dihasilkan minyak kayu putih dapat bekerja menghilangkan kepala dan telurnya. 10. Minyak zaitun

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Konsentrasi minyak pada bahan alami ini mampu membunuh kepala dan telur dengan cepat. Selain itu, minyaknya juga bisa diandalkan untuk mencegah telur berganda dan bertambah jumlahnya di area utama.

Meski rambutnya kecil dan sulit dihilangkan, hal ini tidak akan menjadi masalah jika Anda menggunakan tips berikut ini. Pasalnya, minyak itu sendiri membuat telur kutu lebih sulit menempel di batang rambut Anda.

Jika Anda ingin menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan cara ini, Anda bisa mencoba mencampurkan 2 sendok makan minyak kelapa. Lalu oleskan pada batang rambut dan kulit kepala hingga merata. Tutupi dengan handuk atau shower cap dan diamkan beberapa saat, kurang lebih dua jam. Lakukan tips ini secara rutin hingga kutu dan telurnya hilang dari kepala Anda.

Tentu saja berbagai cara ampuh menghilangkan kutu rambut dan telurnya seperti di atas bisa Anda coba sendiri. Namun ketahuilah juga bahwa menghadapi diri sendiri membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Yuk, gunakan tips ini agar kutu itu sendiri dan telurnya tertangani dengan baik. Saya harap Anda beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *