Cegah Tapak Ban Aus Saat Parkir dalam Waktu Lama, Coba Tips Ini

oleh -46 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM – Ban aus, kempes, atau bocor merupakan kondisi tapak ban rusak atau aus akibat tekanan terus-menerus pada area yang sama. Atau, mobil tidak berputar maju atau mundur meski sudah lama berhenti.

Apriyanto Yuwono, Manajer Penjualan Passenger Car Radial (PCR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan permukaan datar dan ban lengket mengganggu arus lalu lintas, kata Antara.

“Kalau tidak diikuti dalam jangka waktu lama bisa berbahaya,” ujarnya di Jakarta, Kamis (20/10/2022). Hankook Ventus S1 evo 3 [Hankook via ANTARA] mengendarai Porsche 718 Boxster sebagai simbol produk Hankook.

Secara fisik, sulit mengenali ban yang kempes. Sebab, bagian yang bertitik datar adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan.

“Saat berkendara, getaran, handling yang buruk, bahkan suara yang pelan terasa,” kata Apriyanto Yuwono.

Ada dua jenis flat spot: permanen, yang memerlukan penggantian ban, dan minor, yang hilang saat ban memanas saat berkendara.

Berikut lima tips Hankook Tire untuk membantu pengemudi menghindari ban kempes.

Gunakan dukungan ban

Jika mobil tidak akan digunakan dalam waktu lama, gunakan alat tanpa tekanan pada satu tempat saja, agar ban tetap mempertahankan bentuk aslinya. Ini akan membantu mencegah terjadinya titik datar setiap musim.

Hindari menjemur ban Anda di bawah sinar matahari karena sinar UV dapat merusak dan mengeringkannya. Menghidupkan mobil atau menghidupkan mesin mobil. Gambar-gambar ini berasal dari [Shutterstock].

Selalu panaskan mobil Anda

Memanaskan mobil Anda membantu mesin Anda bekerja lebih baik dan membantu menjaga ban Anda tetap sehat. Kendarai mobil Anda keliling rumah selama 5 hingga 7 menit, tujuannya adalah untuk menjaga suhu ban tetap hangat agar ban tidak berubah.

Meningkatkan tekanan ban

Sebelum meninggalkan kendaraan, naikkan tekanan hingga ±3 psi atau pastikan tidak melebihi batas yang direkomendasikan pabrikan.

Gunakan ini ketika Anda ingin menggunakan mobil yang sudah lama tidak digunakan dengan resiko rendah.

Periksa tekanan udara secara teratur

Tekanan konstan dapat mengurangi kerusakan mematikan. Jika tekanan ban rendah, segera isi ulang tekanan ban.

Selalu periksa ban Anda dengan indikator TWI (Tread Wear Indicator).

Tekanan ban yang rendah dapat menyebabkan ban cepat aus. Hal ini disebabkan karena tekanan pada ban meningkat sehingga menyebabkan ban menjadi aus. Pengecekan ini bisa dilakukan seminggu sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *