CEO Tokocrypto Yudhono Rawis Ungkap Tren Pasar Kripto 2024 di Indonesia

oleh -118 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Tokocrypto mengungkapkan optimismenya terhadap pertumbuhan industri kripto pada tahun 2024, baik secara global maupun di Indonesia.

CEO Tokocrypto, Yudhono Rawis mengungkapkan, banyak faktor yang mendukung pandangan optimis terhadap tren pasar kripto di tahun 2024.

Yang pertama adalah potensi peningkatan adopsi kripto oleh lembaga keuangan tradisional, yang terutama dipengaruhi oleh upaya peluncuran ETF kripto (Exchange Traded Funds) oleh manajer aset besar di Amerika Serikat (AS).

Ia berharap hal itu juga berdampak pada pasar cryptocurrency di Indonesia. Jika tempat ETF Bitcoin disetujui, diperkirakan kapitalisasi pasar Bitcoin bisa mencapai $1 triliun.

“Hal ini pada akhirnya dapat mendorong harga BTC di atas US$50.000 (Rp770 juta), atau melampaui rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $68.000 (Rp1 miliar) pada November 2021,” kata Yudho, Jumat. 29). /12/2023).

Di sisi lain, dari kondisi makroekonomi, potensi penurunan suku bunga oleh bank sentral Amerika Serikat atau The Fed pada tahun depan juga diperkirakan akan membuat pasar kripto terasa positif.

Sebab, jika suku bunga AS turun maka investor secara umum akan lebih berani beralih ke mata uang kripto karena dinilai bisa memberikan peluang keuntungan lebih besar dibandingkan aset tradisional, imbuh Yudho.

Faktor kedua adalah Bitcoin separuh atau separuh imbalan penambang BTC yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2024.

Fenomena ini secara tidak langsung juga mempengaruhi jumlah Bitcoin yang beredar. Siklus kenaikan harga BTC biasanya berkisar pada peristiwa halving Bitcoin, yang biasanya meningkat pesat satu tahun setelah halving. Tentu saja puncak kenaikan harga BTC atau all time high diprediksi akan terjadi pada tahun 2025.

“Kami melihat kondisi makroekonomi dan fenomena halving Bitcoin akan menjadi katalis utama bagi tren optimistis pasar kripto di tahun 2024,” kata Yudho.

Ia yakin penurunan suku bunga yang dilakukan The Fed akan mendorong investor beralih ke kripto karena dianggap sebagai aset yang lebih menguntungkan. Sementara itu, pengurangan separuh Bitcoin akan mengurangi pasokan BTC, yang dapat meningkatkan harga Bitcoin.

Yudho menambahkan, faktor ketiga meliputi regulasi. Menurutnya, pengaturan regulasi dan pengawasan perdagangan aset kripto akan menentukan tren pasar ke depan.

Di Indonesia sendiri, kita sedang memasuki masa transisi peralihan pengawasan dan pengaturan aset kripto dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komersial (Bappebti) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pelaku usaha industri kripto Indonesia kini menunggu rancangan Peraturan OJK (POJK) sebagai aturan teknis pelaksanaan pengawasan kripto dan sumber Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Ekonomi ( UU PPSK). .

Yudho menyatakan, regulasi kripto yang dikeluarkan OJK dapat membuka berbagai peluang bagi perkembangan industri aset digital.

Hal ini mencakup potensi kolaborasi antar lembaga keuangan, seperti bank dan pedagang aset kripto, serta integrasi pendidikan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang risiko dan peluang di pasar kripto dalam skala yang lebih massal.

“Dengan adanya industri kripto di bawah pengawasan OJK, maka legitimasi sektor ini di Indonesia diperkirakan akan meningkat secara signifikan. Lebih lanjut, kami mengapresiasi upaya Bappebti yang telah berkembang pesat dalam satu atau dua tahun terakhir.” tahun,” kata Yudho.

Dia mengatakan langkah tersebut meningkatkan kepercayaan masyarakat dan mempercepat adopsi kripto di Indonesia.

Yudho mengungkapkan, nilai transaksi cryptocurrency di Indonesia akan mencapai Rp 104,9 triliun pada Oktober 2023, dengan jumlah investor mencapai 18,06 juta.

Namun angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang transaksinya mencapai Rp 306,4 triliun.

Terlepas dari tantangan pasar, transaksi di platform Tokocrypto meningkat sebesar 40 persen dalam dua kuartal terakhir tahun 2023, meskipun terjadi peningkatan jumlah pedagang aktif dan pengguna baru.

Data terakhir menunjukkan jumlah pengguna terdaftar di Tokocrypto telah mencapai lebih dari 3,2 juta investor, dan transaksi Tokocrypto juga menunjukkan tren positif dalam setahun terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *