China Luncurkan Layanan Internet Supercepat, Diklaim Tembus 1,2 Terabit per Detik

oleh -118 Dilihat
oleh

Reporter INFOKUTIM.COM.com Michael Dafitt melaporkan dari Adi Prasetio

INFOKUTIM.COM.COM, BEIJING – China resmi meluncurkan layanan internet generasi berikutnya dengan kecepatan 1,2 terabit per detik.

Kecepatan ini sepuluh kali lebih cepat dibandingkan rute Internet utama saat ini dan mewakili lompatan maju yang signifikan dalam Internet global.

Pencapaian luar biasa ini merupakan hasil kolaborasi dengan Tsinghua University, China Mobile, Huawei Technologies, dan Cernet Corporation.

Para pejabat Tiongkok mengatakan layanan ini akan menjangkau lebih dari 3.000 kilometer dan menghubungkan beberapa kota besar seperti Beijing, Wuhan dan Guangzhou melalui sistem kabel serat optik yang luas.

“Hubungan Beijing-Wuhan-Guangzhou adalah bagian dari proyek Infrastruktur Teknologi Internet Masa Depan (FITI) yang ambisius, yang telah dibuat selama sepuluh tahun dan merupakan kelanjutan dari Jaringan Pendidikan dan Penelitian Tiongkok (Cernet),” kata juru bicara tersebut. Kementerian Informasi dan Komunikasi China, Selasa (14/11/2023).

Proyek FITI, di bawah kepemimpinan Wu Jianping dari Chinese Academy of Engineering, tidak hanya membangun jalur berkecepatan tinggi, tetapi juga meletakkan dasar bagi internet yang lebih cepat di masa depan.

Sementara itu, Wakil Presiden Huawei Technologies Wang Li juga menyoroti kapasitas jaringan yang luar biasa, mampu mentransfer data setara dengan 150 gambar definisi tinggi dalam satu detik.

Di luar kemampuan teknisnya, jaringan ini sangat penting untuk pendidikan nasional, penelitian, dan kebutuhan baru akan transmisi data untuk aplikasi seperti kendaraan listrik yang terhubung (EV) dan teknologi industri 5G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *