Ciptakan Bibit Atlet Panjat Tebing, EBCC Gelar Turnamen Pelajar Se-Kaltim

oleh -84 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA. Ciptakan Bibit Atlet Panjat Tebing, EBCC Gelar Turnamen Pelajar Se-Kaltim – Dalam upaya melahirkan bibit-bibit generasi atlet khususnya panjat tebing. Enggang Borneo Climbing Cub (EBCC) gelar kejuaraan climbing competition yang diikuti sebanyak 58 peserta pelajar se- Kalimantan Timur (Kaltim).

EBCC Cup I yang di pusatkan di Polder Ilham Maulana, Sangatta Utara yang berlokasi tak jauh dari Pasar Induk Sangatta (PIS) dilaksanakan sejak tanggal 24 Februari 2023 hingga 27 Februari 2023.

Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) H Kasmidi Bulang yang ikut hadir menyaksikan pertandingan pada Sabtu pagi (25/02/2023), menyampaikan pada kesempatannya bahwa kompetisi open turnamen yang diadakan EBCC di Kabupaten Kutim diharapkan dapat menciptakan atlet-atlet khususnya panjat tebing di Kaltim.

“Karena ini diikuti mulai dari usia dini dari jenjang SD, SMP sampai SMA. Kita berharap dapat melahirkan atlet panjat tebing yang akan membawa nama harum Kaltim secara umum dan kabupaten/kota secara khusus, karena yang mengikuti ada dari berbagai kabupaten/kota di Kaltim,” ucap Kasmidi sapaan akrab Wabup Kutim.

Tidak lupa Wabup menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada EBCC yang sudah berusia 20 tahun atas pembinaannya yang terus berjalan.

“Kita sebagai tuan rumah sekaligus pemerintah daerah menyampaikan apresiasi kepada teman-teman EBCC yang terus membina atlet-atlet muda dan juga sebagai penyumbang atlet potensi baik di Kutim maupun di daerah lain di Kaltim, itu semua banyak lahir dari club ini,” tuturnya.

Senada Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kutim Rudi Hartono juga sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang digelar EBCC untuk melahirkan bibit atlet muda khususnya di Kutim.

“Semoga kedepan dengan kepengurusan yang baru dapat membawa olahraga Kabupaten Kutim bisa lebih baik dan bisa berjaya ditingkat provinsi maupun nasional,” harap Ketua KONI Kutim yang biasa di sapa H Rudi.

Dikesempatan tersebut Rudi juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada salah satu cabang olahraga yang bisa melaksanakan ajang lomba se Kaltim ini. Karena menurut Rudi dengan kegiatan seperti ini maka akan lahir atlet-atlet panjat tebing di Kaltim.

Sebelumnya Ketua EBCC Moch Misbachul Choir menyampaikan kejuaraan yang diikuti oleh pelajar se Kaltim dilaksanakan untuk menjadi sirkuit kaltim dan sebagai ajang seleksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) dan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) yang diadakan tahun ini dan Panjat Tebing salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Tujuan dari kejuaraan panjat tebing ini tidak hanya sebatas seremonial, namun harus melahirkan bibit-bibit generasi atlet. Kemudian diharapkan akan berlanjut untuk season kedua dan seterusnya,” imbuhnya.

Kejuaraan panjat tebing pelajar memiliki potensi untuk mendapatkan atlet yang hebat, tak hanya sebatas dipertandingkan tetapi juga dapat menjawab dan meningkatkan hasrat dari saling berkompetisi khususnya dibidang panjat tebing.

Untuk itu Misbachul sangat mengharapkan  dukungan dari pimpinan daerah, Pemkab Kutim serta masyarakat agar EBCC dapat terus berkiprah di olahraga panjat tebing khususnya di Kutai Timur

Ciptakan Bibit Atlet Panjat Tebing, EBCC Gelar Turnamen Pelajar Se-Kaltim

Untuk diketahui peserta yang bertanding sebanyak 58 orang, terdiri dari berbagai kontingen :

1.     Kutim 17 orang

2.     Berau 7 orang

3.     Bontang 3 orang

4.     Kukar 1 orang

5.     Samarinda 12 orang

6.     Balikpapan 12 orang

7.     Kubar 6 orang

Dengan tingkatan SD sebanyak 25 orang, SMP 17 orang dan SMA 16 orang. Serta didampingi manager dari masing-masing sekolah.

Untuk kategori pemanjatan ada 3 : Lead, Speed Klasik dan Boulder memiliki jalur yang berbeda pada setiap tingkatan SD, SMP dan SMA.

Post Views: 36

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *