CPNS 2024 Dibuka untuk 1 Juta Formasi, Ini 5 Jurusan Paling Banyak Dibutuhkan

oleh -114 Dilihat
oleh

Jakarta – Inilah daftar lima jurusan perguruan tinggi paling diminati lulusan CPNS 2024. Setelah pendaftaran CPNS 2023 selesai, pemerintah mengindikasikan adanya lowongan CPNS 2024.

Terkait CPNS 2024, diumumkan pemerintah akan membuka 10.000.000 lowongan untuk kader CPNS dan PPPK. Tanda-tanda CPNS 2024 akan diumumkan beberapa kali oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azor Anas.

Meski belum diungkapkan secara rinci, menurut Menpan RB, formasi utama yang akan dibuka pada CPNS 2024 adalah bidang pendidikan dan kesehatan. Artikel yang dihimpun dari berbagai sumber itu membahas tentang daftar perusahaan kunci yang diprediksi CPNS 2024 akan banyak peminatnya. Coba lihat!

5 jurusan yang lulusannya diperkirakan akan banyak diminati CPNS 2024

1. Teknologi informasi atau IT

Jurusan yang berhubungan dengan teknologi informasi atau IT hampir selalu dibutuhkan di semua jenjang CPNS. Untuk satu posisi, peluang juga terbuka untuk spesialisasi TI yang lebih spesifik, mulai dari ilmu komputer, teknologi informasi, hingga sistem informasi.

Tingginya kebutuhan staf TI juga didorong oleh kesenjangan digital yang berarti seluruh lini pemerintahan, baik pusat maupun daerah, harus menyediakan data dan layanan secara digital. Oleh karena itu, banyak jabatan Aparatur Sipil Negara pada tahun 2024 yang dipastikan akan diisi oleh profesi-profesi yang berhubungan dengan teknologi dan informasi. Lowongan untuk kandidat.

2. Pendidikan

Tenaga profesional di bidang pendidikan dibutuhkan seiring pemerintah terus berupaya memberikan kuota khusus bagi guru. Jurusan pendidikan menjadi jurusan yang paling banyak dicari pada CPNS 2024 atau PPPK. Namun jika berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, CPNS 2024 akan memiliki guru yang sudah memiliki pengalaman mengajar.

3. Kesehatan

Tenaga kesehatan diproyeksikan mendapat jatah terbesar dari setiap pembukaan CPNS dari tahun ke tahun. Kebutuhan akan kesehatan sangatlah besar, karena kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Pekerjaan CPNS diperkirakan terbuka pada sektor ini yaitu Kedokteran Umum, Kebidanan dan Keperawatan.

4. Ilmu pemerintahan

Jurusan ilmu pemerintahan merupakan jurusan yang bertujuan untuk menjadi pegawai pemerintah. Setiap instansi pemerintah membutuhkan orang-orang yang memahami ilmu politik. Lulusan ilmu pemerintahan sangat diperlukan karena setiap institusi harus mengambil kebijakan yang relevan dengan perkembangan saat ini.

5. Ekonomi

Sudah tidak aneh lagi jika ilmu ekonomi dibutuhkan dalam segala bidang pekerjaan, termasuk CPNS. Kebutuhan akan skala ekonomi sangat besar karena setiap lembaga negara menerima uang yang menjadi tanggung jawabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *