Daftar Emiten yang Dimiliki Orang Terkaya Indonesia Prajogo Pangestu

oleh -79 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Nama Prajoko Pangastu, orang sekaligus pengusaha terkaya di Indonesia, menyedot perhatian setelah masuk dalam daftar Google Trends pada 4 Januari 2024.

Nama Prajoko Bangestu mungkin masuk Google Trends sebagai salah satu perusahaan yang mengakuisisi dua aset pembangkit listrik tenaga angin (PLTB) bernama PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN). Kedua PLTB tersebut adalah PT UPC Sukabumi Bayu Energi dan PT Lombok Timur Bayu Energi.

Tujuan akuisisi saham di Sukabumi dan Lombok adalah untuk meningkatkan bisnis dan memperkuat posisi kelompok usaha perseroan di bidang energi terbarukan, kata Sekretaris Perusahaan PT Barito Renewables Energy Tbk Merli. Bursa Efek (BEI). Keterbukaan informasi pada Kamis 4 Januari 2024.

Berbicara tentang Prajoko Pangastu, pengusaha ini merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Bahkan, Prajoko Pangastu menduduki peringkat 24 orang terkaya dunia pada 4 Januari 2024.

Jika masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia, ia menempati urutan pertama dengan total kekayaan 55,4 miliar dolar. Pada 4 Januari 2024, kekayaan bersihnya telah menurun sekitar $168 juta.

Sedangkan untuk usahanya, Prajoko Pangastu memulai usaha perkayuannya pada akhir tahun 1970an. Salah satu perusahaan miliknya, Barito Pacific Timber, go public pada tahun 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific pada tahun 2007 setelah melepaskan bisnis perkayuannya.

Dikutip dari Forbes, Pada 2007, Barido mengakuisisi 70 persen Pacific Petrochemical Company Chandra Azri yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada tahun 2011, Chandra Azri bergabung dengan Tri Balita Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Thaioil mengakuisisi 15 persen saham Chandra Asri pada Juli 2021.

Setelah penambang batu bara Petrindo Jaya Gracey go public pada Maret 2023, Bank Brajoco mendatangkan perusahaan energi terbarukan Barito Renewables Energy untuk mencatatkan sahamnya di BEI pada Oktober 2023.

Di bawah ini adalah beberapa perusahaan atau penyedia terdaftar yang dimiliki oleh Brajoco Bankestu:

1. PT Barito Pasifik Tbk (BRPT)

PT Barito Pacific Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri, properti, perdagangan, energi terbarukan, kehutanan, perkebunan, pertambangan, transportasi dan kegiatan perusahaan induk. Prajoko Bankestu, salah satu pemegang saham Barito Pacific, memiliki total 66.736.062.073 atau setara 71,19 persen saham BRPT.

Pareto Pacific mencatatkan saham perdananya pada 1 Oktober 1993 dengan nilai nominal Rp 100. Kapitalisasi pasar saham BRPT kini tercatat sebesar Rp 108,75 triliun. 2. PT Chandra Asri Pasifik Tbk (Chandra Asri/TPIA)

Chandra Asri Pacific merupakan perusahaan patungan antara PT Tri Balita Indonesia Tbk dan PT Chandra Asri, yang kemudian berganti nama menjadi PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Chandra Azri adalah perusahaan kimia terkemuka di Indonesia yang menyediakan solusi infrastruktur dan mengoperasikan pabrik petrokimia terintegrasi. Perusahaan hanya mengoperasikan pabrik naphtha cracker, styrene monomer, butadiene, MTBE dan Butene-1 di Indonesia.

Saat ini kapitalisasi pasar saham TPIA tercatat sebesar Rp 254,34 triliun. Kapitalisasi pasar saham TPIA termasuk dalam 10 saham terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar di BEI. Pada 10 November 2023, kapitalisasi pasar saham TPIA sebesar Rp. 260 triliun dan menempati urutan kedelapan.

PT Barito Pacific Tbk menguasai 29.957.670.400 saham TPIA atau 34,63 persen. Sedangkan Prajoko Bangestu memiliki 6.735.679.764 saham TPIA atau setara 7,78 persen 3. PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN)

Barito Renewables adalah perusahaan induk yang berbasis di Indonesia, bagian dari Barito Pacific. Barito Renewables fokus pada strategi jangka panjang dalam menyediakan energi ramah lingkungan dengan emisi rendah. Barito Renewables adalah pemegang saham Star Energy Geothermal Group, produsen listrik panas bumi.

PT Barito Pacific Tbk menguasai 64,66 persen saham BREN. Saat ini, kapitalisasi pasar saham BREN sebesar Rp705,72 triliun. Per Jumat 10 November 2023, kapitalisasi pasar saham BREN menempati urutan ketiga dengan nilai Rp 699 triliun. 4.PT Petrindo Jaya Gracie Tbk (CUAN)

PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang operasional perusahaan, jasa konsultasi manajemen dan pengoperasian tambang batubara melalui anak perusahaan. Perseroan mencatatkan saham perdananya di BEI pada 8 Maret 2023. Pada Kamis 9 November 2023, kapitalisasi pasar saham CUAN sebesar Rp. Tercatat 78,69 triliun.

Prajoko Pangasedu merupakan pemegang saham PT Petrindo Jaya Gracey Tbk. Ia memiliki 9.564.182.700 saham CUAN atau setara 85,07 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *