Di Kutim, Puncak Peringatan HUT RI ke 77 digelar Pesta Rakyat

oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA – Puncak Peringatan HUT RI ke 77 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) digelar kegiatan yang bertajuk “Pesta Rakyat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur”, Minggu (4/9/2022), kegiatan berlangsung dari pukul 07.00 wita – 17.30 wita di Halaman Kantor Bupati.

Dalam kegiatan ini dirangkai beberapa acara, yaitu Senam Sehat, Jalan Santai, pertunjukan Kuda Lumping, Syukuran dan Silaturahmi Bupati dan Wakil Bupati bersama seluruh unsur Forkopimda Kutim, ASN, PPPK, TK2D, TNI Polri dan masyarakat, pengumuman dan pembagian hadiah lomba olahraga tradisional dan lomba gerak jalan merdeka serta penyerahan hadiah sayembara logo RSUD Kudungga.

Untuk Senam Sehat dan Jalan Santai turut hadir Bupati Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua DPRD Asti Mazar, Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto, Danlanal Sangatta Letkol Laut Shodikin, Kepala Kejari Kutim Hendriyadi W Putro dan lainnya.

Dalam kegiatan ini pelaku UMKM turut dilibatkan dengan membuka dagangannya disekitar Halaman Kantor Bupati, ada sekitar 50 pedagang yang turut serta di acara ini dari pagi hingga sore hari.

Acara ini juga dirangkai syukuran pada sore hari yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman dan potongan tumpeng diserahkan kepada Wakil Bupati Kasmidi Bulang.

Dalam sambutannya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan di Pesta Rakyat ini pelaku UMKM dilibatkan, hal ini agar ada perputaran ekonomi di masyarakat.

“Alhamdulillah dibeberapa kecamatan juga melaksanakan kegiatan yang sama, mulai dari perlombaan olahraga, olahraga tradisional dan tampilan seni budaya,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, dalam rangka HUT RI ke 77 dan HUT Kutim ke 23, akan dilaksanakan juga beberapa kejuaraan, diantaranya pada 9 September 2022 akan ada Kick off Sepak Bola Bupati Cup antar kecamatan. Kemudian 1-2 Oktober 2022 akan ada lomba mancing tingkat Nasional.

“Nanti juga akan ada Tenis Lapangan Bupati Cup, kemudian ada Bulu Tangkis Bupati Cup yang akan dilaksanakan 7-10 September 2022. Menyusul nanti Tenis Meja Bupati Cup serta lomba Burung Bupati Cup,” bebernya.

Selain itu, sambung Ardiansyah, dalam rangka memeriahkan HUT Kutim, nantinya panitia menyelenggarakan berbagai kegiatan yaitu Karnaval Seni Budaya, oleh karena itu para pelaku seni budaya silahkan mempersiapkan diri dari sekarang karena Kutim kaya akan budaya yang merupakan miniaturnya Indonesia.

“Nanti akan ada juga Expo, jadi kepada para pelaku UMKM dipersilahkan menyiapkan diri, di Expo ini juga setiap malam akan ditampilkan para pemusik lokal dan insyaallah kita akan mengundang grup musik metal yang telah mendunia yaitu Voice Of Baceprot yang personilnya tiga gadis berhijab,” ujar Ardiansyah.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana HUT RI ke 77 Kabupaten Kutai Timur, Kasmidi Bulang yang juga sebagai Wakil Bupati menyampaikan rasa syukurnya karena semua kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

“Yang tidak kalah penting pada saat pengibaran dan penurunan bendera merah putih saat 17 Agustus 2022 semuanya berjalan dengan lancar,” ujar Kasmidi.

Selanjutnya Kasmidi menambahkan, kemaren ada rangkaian kegiatan olahraga dan perlombaan di semua Perangkat Daerah, perlombaan di Mako Lanal dan gerak jalan, semuanya berlangsung sukses dan meriah.

“Atas nama panitia pelaksana mengucapkan terimakasih kepada semua Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kutim yang mensupport kegiatan ini,” pungkasnya. (G-S02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.