Festival Sekerat Nusantara 2023 Hadirkan Berbagai Macam Kegiatan Tradisional

oleh -87 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA Festival Sekerat Nusantara 2023 Hadirkan Berbagai Macam Kegiatan Tradisional – Festival Sekerat Nusantara memasuki tahun ke tiga 2023 kembali digelar, yang berlangsung selama tujuh hari sejak 23-29 Juli. Berbagai macam kegiatan juga akan dihadirkan, salah satunya pelas laut.

Sederet acara sudah menanti dan disiapkan oleh pihak panitia yang bisa disaksikan oleh masyarakat, demikian disampaikan. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur (Dispar Kutim) Nurullah. Sabtu (22/07/23)

“Akan ada kegiatan ritual adat Pelas Laut yang akan dilaksanakan sebelum acara puncak dimulai, Dimana pelaksanaanya dilakukan di rumah adat sekitar pantai sekerat, yang juga dihadiri langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin, ” ujarnya.

Tak lupa Nurullah menjelaskan, Tradisi Pelas Laut sendiri merupakan salah satu bentuk rasa syukur sekaligus permohonan keselamatan dengan melepaskan perahu berornamen naga ke lautan.

“Tidak hanya ritual Pelas Laut saja, masyarakat juga dapat melihat berbagai lomba dan aksi kesenian tradisional, mulai menyumpit, tungkau, gasing, balap kapal, layang-layang, mancing, termasuk lomba masakan berbahan ikan,” ujarnya.

Yang tidak kalah menarik, kegiatan yang akan dihadiri oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang ini juga menghadirkan sederet hiburan lainnya berupa live music, bazar UMKM, arena bermain anak, serta pemeran pembangunan dari berbagai desa di sekitar pantai Sekerat.

“Kami mengajak masyarakat Kutim untuk hadiri dan ramaikan Festival Sekerat Nusantara 2023, ” pungkasnya.

Festival Sekerat Nusantara 2023 Hadirkan Berbagai Macam Kegiatan Tradisional

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah Kepala Desa Sekerat Sunandhika menjelaskan, untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung dalam even Festival Sekerat Nusantara 2023.

Pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung diantaranya kantong-kantong parkir kendaraan yang dekat dengan lokasi acara, termasuk peningkatan jalan menuju kawasan pantai yang sudah di beton.

“Nantinya para pengunjung yang akan masuk ke lokasi acara tidak perlu membawa kendaraan cukup jalan kaki saja, ” ucapnya

Post Views: 78

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *