Ford Siap Gunakan Baterai yang Dipakai Tesla Cybertruck, Ini Alasannya

oleh -32 Dilihat
oleh

TEXAS – Tesla Cybertruck merupakan produk Tesla pertama yang menggunakan sistem kelistrikan 48 volt untuk menopang seluruh komponen kelistrikannya. Para ahli memperkirakan bahwa sistem ini secara bertahap akan menggantikan semua sistem 12 volt

Seperti dilansir Carscoops, Minggu (12/10/2023), langkah Tesla ini bertepatan dengan pengumuman Tesla di Tesla Investor Day 2023.

Keuntungan menggunakan sistem tegangan tinggi antara lain menurunkan tegangan, mengurangi kehilangan energi, dan mendorong penggunaan kabel dan sambungan yang lebih kecil. mengurangi bobot kendaraan dan biaya produksi

Jika pabrikan lain akan mengenakan biaya untuk sistem ini, Tesla malah bekerja dengan mendistribusikan sistem 48 volt ini ke seluruh pabrikan di dunia dengan mengirimkan memo ke semua pabrikan.

Salah satu yang menerima memo tersebut adalah CEO Ford Motor Jim Farley yang membenarkan dirinya menerima memo tersebut.

Bahkan Jim Farley menanggapi memo tersebut dengan mengatakan sudah “siap industri” yang berarti Ford siap mengubah desain sistem kelistrikan mereka dari 12 volt menjadi 48 volt dalam waktu dekat.

Elon Musk menanggapi pesan di Twitter dengan singkat, “Sama-sama.” Jim Farley juga menanggapi tweet tersebut dengan mengatakan, “Senang membaca dokumen ini dan menyadari bahwa tim generasi berikutnya berada di jalur yang sama. Mari bekerja sama untuk membantu depo bergerak menuju masa depan 48V”

Situasi ini menunjukkan bahwa Ford akan beralih ke sistem 48 volt di masa depan. Selain Ford, pabrikan lain mendapat memo serupa.

Perubahan sistem 48 volt dari 12 volt berarti produsen harus bekerja sama dengan pemasoknya untuk memproduksi komponen baru seperti motor listrik, sensor, dan chip komputer yang menggunakan sistem 48 volt.

Tanpa memerlukan komitmen investasi baru, tidak banyak produsen yang bersedia dan mampu memproduksi massal sistem 48 volt dalam waktu singkat. Pusat layanan juga perlu memperbaiki peralatan dari segi teknis

Bunyinya sistem 48 volt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *