Formasi CPNS 2024 akan Diumumkan Jokowi Januari Ini, Seleksi Bisa Dimulai Maret 2024

oleh -48 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan mengumumkan perlunya pembentukan Calon Mesin Politik Nasional (CASN) pada Januari 2024. Pengumuman pembentukan CPNS 2024 berkaitan dengan pegawai pemerintah yang memiliki kontrak kerja (PPPK). ) dan CPNS.

Menteri Penguatan Mekanisme Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya telah memetakan perlunya pembentukan CPNS pada tahun 2024. banyak formasi freshgraduate, PPPK, kira-kira komposisinya seperti apa,” ujarnya di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Namun, Anas menegaskan, bukan berarti seleksi CPNS 2024 akan dimulai secara bersamaan. Masing-masing lembaga nantinya akan diberikan waktu untuk mengumumkan rekomendasi akhirnya. Seleksi dimulai pada Maret 2024

“Bulan ini otomatis bulan ini tidak dikerjakan. Ada proses pengumuman, ada ABCD. Bisa (dipilih) Maret atau April,” tambah Anas.

Terkait rincian pembentukannya, pemerintah akan berupaya memenuhi kebutuhan Mekanisme Politik Negara yang baru. Rencananya, pembentukan CPNS 2024 akan membuka banyak lowongan bagi para freshgraduate alias lulusan baru.

Nanti kita lihat susunan pemainnya. Nanti akan diumumkan oleh Presiden, pungkas Anas. Timeline Seleksi jika sesuai prediksi Formasi CPNS Pengumuman : Januari 2024 Seleksi CPNS : Maret atau April 2024

Pemerintah telah memastikan akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024. Dalam penerimaan CPNS 2024, pemerintah akan membuka lebih banyak penerimaan bagi lulusan baru atau lulusan baru, baik lulusan SMA sederajat maupun perguruan tinggi. .

Menteri Penguatan Mekanisme Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah punya alasan tersendiri menerima lulusan baru CPNS awal tahun ini. Mengingat kuota freshgraduate untuk rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun lalu relatif sedikit.

Kedua, kita akan merekrut lulusan baru, yaitu mereka yang baru lulus, yang sampai saat ini belum terrekrut CPNS, kata Anas Minggu, 31 Desember 2023, Selasa (2/1/2024).

Namun Menpan RB belum bisa membeberkan berapa kuota yang akan disiapkan pemerintah bagi lulusan baru pada tes CPNS 2024. Kuota CPNS bagi lulusan baru diyakini akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi. Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengumumkan dimulainya rekrutmen CPNS 2024 pada Januari 2024.

“Saya belum bisa mengumumkan jumlahnya karena nanti di bulan pertama, minggu pertama Januari, akan diumumkan oleh Presiden (Jokowi),” ujarnya. Saya mohon maaf kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas, meminta maaf kepada lulusan baru atau sarjana baru karena tidak ada lagi formasi atau lowongan yang dibuka pada tahun 2023.

Insya Allah tahun 2024 saya akan meminta kepada BKN (Pegawai Negeri Sipil Negara), kelompok SDMA di KemenPAN-RB, untuk kebijakan yang lebih besar dalam merekrut lulusan baru pada tahun 2024, kata Anas saat peluncuran SKD CPNS 2023. di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis, 9 November 2023.

Anas menjelaskan, karena pada tahun ini lowongan diprioritaskan bagi 80 persen pejabat honorer yang telah mengabdi. Ada yang sudah 5 tahun, 10 tahun, dan ada pula yang 20 tahun.

Anas pun mengaku banyak mendapat kritik dan saran agar pihaknya tidak membuka formasi lulusan baru di pemerintah daerah.

“Kemarin banyak saran/kritik terhadap diri saya sendiri,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *