Gen Z Jadi Kelompok Paling Banyak Mengenal dan Manfaatkan AI

oleh -22 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Generasi Z atau Gen Z merupakan kelompok yang lebih sadar dan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk memenuhi kebutuhan dan mengekspresikan kreativitas. Google dalam penelitiannya melibatkan 1.508 orang di Indonesia, 474 di antaranya berasal dari Gen Z.

Head of Android Google Indonesia Denny Galant dalam ‘Galaxy AI Media Session: The Future of AI Technology on Mobile Devices’ yang digelar Technology Press Association di Jakarta, Kamis (14/12/2023), mengatakan berdasarkan survei tersebut. , ditemukan bahwa 45 persen Generasi Z mengetahui keberadaan AI.

“Hal ini (45 persen Gen Z) bisa dikatakan dibandingkan dengan empat dari 10 orang yang mengetahui pentingnya AI. Ini menunjukkan banyak masyarakat yang mulai mengetahui teknologi ini,” kata Denny.

Sebuah studi dari survei tersebut menunjukkan bahwa 18 persen Generasi Z sudah menggunakan layanan AI yang menjadi bagian dari ponsel cerdas mereka.

Denny menambahkan, generasi Z yang sudah menggunakan AI di ponsel modernnya, lebih banyak menggunakan fitur ini untuk mencari objek visual, atau mengedit foto, atau membuat video bagus. Ada 35 persen di antaranya yang mengaku menggunakan fitur ini.

Selain itu, tugas lain yang umum digunakan saat menggunakan AI pada perangkat Gen Z adalah untuk mendukung produktivitas seperti penerjemahan dan distribusi informasi, tercatat 29 persen Gen Z menggunakan fungsi ini.

Dengan semakin banyaknya masyarakat khususnya anak muda, Samsung berusaha memberikan solusi kepada mereka, salah satunya dengan menyiapkan pengembangan baru melalui Galaxy AI yang akan dimulai pada tahun 2024.

General Manager Marketing MX Samsung Electronic Indonesia Verry Octavianus mengatakan Galaxy AI akan menghadirkan dua fungsi menarik yakni Cloud AI dan AI pada perangkatnya.

AI pada perangkat merupakan layanan unik karena akan menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna perangkat Samsung. Jenis penggunaan AI lainnya pada contoh perangkat Verry adalah “Panggilan Terjemahan AI Langsung”.

“Fungsi ini jelas memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dalam bahasa yang tidak dikenal. Nanti kalau sudah terbiasa berkomunikasi lewat panggilan, akan langsung diterjemahkan ke dalam bahasa pengguna. Gunakan itu,” kata Verry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *