Google Hapus 17 Fitur dari Google Assistant, Fokus pada Kemudahan Penggunaan

oleh -29 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Google mengumumkan pembaruan besar-besaran pada Asisten Google dengan menghapus banyak fitur yang dianggap “tidak digunakan”. Tujuan dari langkah ini adalah membuat penggunaan Asisten Google lebih mudah dan efisien.

Perubahan ini akan memengaruhi pengguna perangkat seluler, jam tangan pintar, dan speaker/layar pintar yang menggunakan Asisten Google. Menurut laporan dari 9to5Google, sebagian besar dari 17 fitur tersebut akan dihapus mulai 26 Januari, dan sebagian besar fitur akan dihapus sepenuhnya pada 26 Februari 2024.

Beberapa fitur yang dihapus antara lain kemampuan menggunakan suara pengguna untuk mengirim pesan email, video, atau audio. Pada Jumat (12/1/2024), The Verge melaporkan daftar lengkap fitur yang dihapus berikut ini, seperti yang diumumkan Google:

Memutar dan mengontrol buku audio dari Google Play Buku dengan suara Anda Menyetel atau menggunakan alarm media, alarm musik, atau alarm radio di perangkat yang dilengkapi Asisten Google Akses atau kontrol buku masak, transfer resep, putar video resep, atau lihat resep langkah demi langkah Kontrol stopwatch di layar smart dan speaker Melakukan panggilan suara di perangkat atau menyiarkan pesan ke grup keluarga Google Gunakan suara Anda untuk mengirim email, pesan video, atau pesan audio Menjadwal ulang acara Google Kalender menggunakan suara Anda. Menggunakan peluncur aplikasi dalam mode mengemudi Asisten Google di Google Maps. Aplikasi untuk menjadwalkan atau mendengarkan notifikasi terjadwal Aplikasi Lonceng Keluarga untuk bermeditasi dengan kontrol suara senyap untuk aktivitas tidak lagi tersedia di Fitbit Sense dan tampilan ringkasan tidur Versa 3 hanya akan tersedia di layar pintar Google. Panggilan yang dilakukan ke speaker dan layar smart tidak akan ditampilkan dengan ID penelepon

Selain menghapus fitur tersebut, Google telah melakukan perubahan pada Google app dengan hasil pencarian yang terpicu saat Anda mengetuk ikon mikrofon. Perangkat Pixel juga terpengaruh, karena mikrofon di bilah Pencarian Pixel kini akan memicu Pencarian Suara, bukan Asisten.

Meskipun langkah ini dimaksudkan untuk menyederhanakan pengalaman pengguna, penghapusan fitur mungkin mengecewakan pengguna yang terbiasa dengan fitur tertentu. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di halaman resmi Asisten Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *