Google Messages Hadirkan Wallpaper, Jadi Mudah Dibedakan dengan SMS dan MMS

oleh -90 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Google kini telah memperkenalkan latar belakang atau wallpaper untuk obrolan RCS di Google Message. Menurut laporan 9To5Google, wallpaper baru ini akan membantu pengguna membedakan aplikasi perpesanan Google dari obrolan SMS atau MMS.

Menurut laporan tersebut, wallpaper Google Messages untuk obrolan RCS memiliki desain lingkaran yang tumpang tindih yang kontras dengan aplikasi tema yang lebih ringan di smartphone.

Sementara itu, kini tidak ada opsi untuk mengubah desain wallpaper atau menonaktifkan fitur tersebut. Fitur ini masih dalam tahap pengujian karena belum ada pengumuman resmi dari pihak perusahaan. Demikian menurut Business Standard pada Senin (1/1/2024).

Laporan tersebut mengatakan bahwa jika fitur wallpaper menjadi lebih luas, Google akan memperkenalkan lebih banyak opsi penyesuaian. Termasuk kumpulan desain untuk dipilih atau opsi untuk membuat wallpaper unik secara dinamis.

Google juga diharapkan menambahkan opsi untuk menyinkronkan latar belakang dengan penerima dalam obrolan.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Google sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengedit pesan terkirim.

Google juga telah menambahkan beberapa petunjuk untuk fitur baru di aplikasi versi beta terbaru. Kebocoran tersebut menunjukkan UI pengeditan baru untuk pesan terkirim dan memuat riwayat edit pesan dari database.

Saat ini, fitur tersebut masih dalam pengembangan dan diharapkan dapat tersedia secara luas bagi pengguna Google Messages dalam beberapa bulan mendatang.

Sebelumnya, Google juga memperkenalkan fitur baru untuk RCS. Lihat ikhtisar di bawah untuk detail tentang fitur lainnya.

1. Fotomoji

Dengan fitur Photomoji, pengguna dapat membuat reaksi yang dipersonalisasi dengan memodifikasi gambar favoritnya menggunakan Google AI di perangkat.

Untuk membuat Photomoji, pengguna memilih gambar, lalu memilih objek pada foto yang ingin diubah menjadi Photomoji.

Respons yang dipersonalisasi ini ada di tab terpisah jika Anda ingin menggunakannya kembali. Balasan ini tidak hanya dapat digunakan dalam pesan pribadi tetapi juga dalam obrolan grup.

2. Peningkatan mood suara dan kualitas suara

Voice Moods memungkinkan pengguna menambahkan emosi ke pesan suara mereka dengan memilih dari sembilan suasana hati yang berbeda.

Saat pengguna mengirimkan mood suara, penerima akan melihat efek visual yang sesuai dengan mood yang dipilih. Selain itu, kualitas audio pesan suara telah ditingkatkan dengan meningkatkan bit rate dan sampling rate.

Efek layar adalah animasi yang dapat dipicu dengan mengetik pesan tertentu. Misalnya, mengetik “Salju turun” akan menyebabkan kepingan salju berjatuhan di layar, dan mengetik “Aku cinta kamu” akan menyebabkan munculnya hati.

Terdapat lebih dari 15 efek layar yang dapat ditemukan pengguna pada fitur ini.

4. Gelembung khusus

Dengan fitur ini, pengguna dapat menyesuaikan tampilan gelembung obrolan dengan memilih warna berbeda untuk setiap obrolan.

5. Efek umpan balik

Dengan efek reaksi ini, emoji yang digunakan untuk bereaksi terhadap pesan tersebut bisa bergerak, yakni bisa dianimasikan. Misalnya, membalas pesan dengan emoji jempol ke atas akan membuat tiga animasi tangan menari di sekitar gelembung pesan.

6. Emoji animasi

Fitur ini menganimasikan emoji untuk memberikan tampilan visual pada pesan. Misalnya, mengirim emoji hati akan memunculkan emoji animasi bersinar dalam hati merah muda bersinar.

7. Profil

Fitur profil baru ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan nama dan gambar profil mereka. Nama dan profil ini akan ditampilkan kepada pengguna lain ketika mereka menerima pesan.

Hal ini sangat berguna dalam obrolan grup, karena memudahkan untuk mengidentifikasi peserta lain dalam grup.

Menurut Engadget, Minggu (19/11/2023), RCS adalah singkatan dari Rich Communications Services, meski terkadang dipasarkan sebagai “Pesan Lanjutan”.

RCS sering kali digantikan oleh SMS dan MMS generasi baru. RCS memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan banyak fitur yang sebelumnya eksklusif untuk platform perpesanan terkemuka seperti WhatsApp. Misalnya, Profil Universal RCS menyertakan dukungan penuh untuk tanda terima baca dan penunjuk tulis.

Teknologi ini dapat memfasilitasi obrolan grup yang tepat dan memungkinkan pengguna mengirim gambar, video, dan klip audio berkualitas tinggi.

Mulai awal tahun ini, aplikasi RCS Google menawarkan enkripsi end-to-end (E2EE) secara default untuk obrolan satu lawan satu dan grup.

Tidak seperti teks SMS, pesan RCS dirutekan melalui koneksi data seluler atau koneksi Wi-Fi, yang berfungsi sebagai cadangan SMS. Oleh karena itu, protokol lama mungkin tidak akan berfungsi dalam waktu dekat.

Hal penting yang perlu diingat tentang RCS adalah layanan perpesanan ini tidak pernah dimaksudkan untuk menggantikan atau bersaing dengan aplikasi perpesanan instan.

Pada intinya, RCS adalah protokol komunikasi antara operator telepon seluler atau antara telepon dan operator. Anda tidak perlu mendaftarkan layanan baru untuk menggunakan RCS.

Selama ponsel dan operator Anda mendukung RCS dan Anda menggunakan aplikasi yang kompatibel seperti Google Message, Anda dapat memanfaatkan semua yang ditawarkan protokol ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *