Gunakan AI, Microsoft Copilot Memungkinkan Pengguna Bikin Lagu dengan Perintah Teks

oleh -117 Dilihat
oleh

NEW YORK – Microsoft Copilot memiliki alat baru yang memungkinkan pengguna membuat lagu menggunakan satu baris teks. Alat ini disertakan dengan Suno AI, alat yang dikembangkan oleh musisi dan pakar kecerdasan buatan untuk membuat musik AI dengan mudah.

Alat tersebut bekerja dengan masuk ke Copilot dengan akun Microsoft, lalu mengaktifkan plugin Suno. Seperti semua kecerdasan buatan yang digunakan untuk tujuan kreatif, perlu dicatat bahwa menjadi seorang seniman hanya dengan satu perintah teks mungkin tidak semudah kelihatannya.

Menurut FAQ Suno, hak cipta atas musik yang dibuat adalah milik Suno jika pengguna menggunakan aplikasi versi gratis, tetapi menjadi milik pengguna jika mereka berlangganan Pro atau Premier. Meskipun demikian, situs Suno belum mengetahui secara pasti bagaimana AI menghasilkan musik, atau musik apa yang telah diajarkan untuk digunakan.

Mashable menghubungi Suno untuk meminta klarifikasi, namun salah satu FAQ menjelaskan bahwa kepemilikan adalah area abu-abu.

“Ketersediaan dan cakupan perlindungan hak cipta atas konten yang dibuat (seluruhnya atau sebagian) menggunakan kecerdasan buatan adalah bidang hukum yang kompleks dan dinamis, berkembang pesat dan bervariasi antar negara,” demikian isi FAQ.

“Kami mendorong Anda untuk berkonsultasi dengan pengacara yang berkualifikasi untuk mendapatkan nasihat mengenai perkembangan terkini dan tingkat perlindungan hak cipta yang tersedia untuk produk yang dibuat menggunakan Suno,” lanjut situs web Suno.

Masalah AI dan hak cipta telah menjadi sorotan tahun ini dan tidak hanya di industri musik. Beberapa bulan yang lalu, penulis terkenal bergabung untuk menuntut OpenAI, pemilik ChatGPT, mengklaim bahwa perusahaan tersebut melanggar hak mereka dengan menggunakan karya mereka untuk mengajarkan AI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *