Gunung Berapi Raksasa Ditemukan di Mars, Lebih Tinggi ketimbang Everest

oleh -42 Dilihat
oleh

JAKARTA – Para ilmuwan menemukan gunung berapi raksasa dan lapisan es glasial tersembunyi di planet Mars. Gunung yang diberi nama Gunung Noctis ini membentang sepanjang 450 kilometer dan tingginya mencapai 9.000 meter, lebih tinggi dari Everest yang mencapai 8.848 meter.

Terletak di perbatasan antara Noctis Labyrinthus yang berkelok-kelok dan Ngarai Valles Marineris, Gunung Noctis telah terkikis dan sulit dikenali sejak pertama kali diamati oleh pesawat luar angkasa NASA pada tahun 1971. Sejarah modifikasi gunung berapi yang rumit menunjukkan bahwa Noctis telah aktif dalam waktu yang sangat lama. waktu. jangka waktu yang lama.

Dilansir GBnews, Sabtu (16/3/2024), temuan tersebut diumumkan pada Konferensi Sains Bulan dan Planet ke-55 di Texas, membuka peluang baru untuk mempelajari sejarah geologi Mars, mencari tanda-tanda kehidupan, dan membuka jalan. untuk penelitian masa depan.

Di bagian tenggara Gunung Noctis, para peneliti juga menemukan lapisan tipis endapan vulkanik terkini yang mungkin masih mengandung es glasial. Kehadiran es glasial dekat permukaan di wilayah khatulistiwa Mars yang relatif hangat berarti manusia berpotensi menjelajahi bagian planet ini tanpa harus menghadapi suhu ekstrem. Selain itu, es glasial dapat menjadi sumber air yang berharga untuk hidrasi dan pembuatan bahan bakar roket.

Kombinasi panas dan air yang terus menerus dari es glasial di Noctis menjadikan situs ini target utama astrobiologi, ilmu yang mempelajari kemungkinan adanya kehidupan di luar bumi. Para ilmuwan menduga kombinasi ini mungkin telah menciptakan kondisi ideal untuk mendukung kehidupan di masa lalu.

Penemuan Gunung Noctis dan kemungkinan es glasial menandai babak baru yang menarik dalam eksplorasi Mars. Para ilmuwan berencana melakukan penelitian lebih lanjut untuk mempelajari gunung berapi ini, termasuk sejarah letusannya, komposisi mineralnya, dan kemungkinan adanya kehidupan di masa lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *