Hadiri Wisuda Universitas Terbuka, Moeldoko: Stigma Kurang Baik UT Harus Diluruskan

oleh -22 Dilihat
oleh

TANGERANG SELATAN – Kepala Kantor Presiden dr. Moeldoko mengimbau lulusan Universitas Terbuka (UT) memperbaiki stigma UT di mata masyarakat. Hingga saat ini UT masih digambarkan sebagai perguruan tinggi kelas bawah yang tidak berkualitas.

“Ini tidak benar. Kita semua harus memperbaiki stigma buruk ini. Kalian semua, jangan minder,” kata Moeldoko saat wisuda tahap kedua Universitas Terbuka tahun ajaran 2022/2023. tahun di Open University Conference Center (UTCC) di Pondok Cabe, Tangsel, tegasnya kepada ribuan wisudawan pada Selasa, 11 Juli 2023.

Moldoko sendiri merupakan lulusan Program Penelitian Ilmu Pemerintahan Universitas Terbuka. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) UT periode 2019-2024.

Dikatakannya, untuk mengoreksi persepsi negatif masyarakat terhadap UT, lulusan atau alumni harus mampu menunjukkan kontribusinya dan membawa perubahan. Kuncinya adalah mengambil risiko.

Moeldoko pun mencontohkan rumusan kepemimpinan yang ia tulis dalam bukunya M-Leadership, Berani Memimpin. “Rahasianya ada tiga M: Bergerak, memotivasi, dan membuat perbedaan,” jelasnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini kebanyakan masyarakat masih takut untuk mengambil tindakan atau mengambil langkah untuk melakukan sesuatu dan hanya menunggu saja. Padahal, sikap ini memerlukan motivasi dan perubahan.

“Ambillah saya sebagai contoh. “Jika saya tidak mengambil keputusan untuk keluar dari kemiskinan, saya tidak akan berada di posisi saya sekarang,” katanya.

“Jadi jangan takut untuk mengambil tindakan dan melakukan sesuatu. “Bangun momentum Anda sendiri lalu lakukan sesuatu yang berbeda agar Anda terlihat,” tutup Moldoko.

Diketahui, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan wisuda bagi 1.716 wisudawan, sarjana, dan pascasarjana dari berbagai daerah. Wisuda yang mengangkat tema “Bangkit dan Maju Bersama UT PTN BH” ini diserahkan kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo lulusan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP). Lulusan kehormatan.

“Kami berharap pemberian lulusan kehormatan ini dapat menginspirasi masyarakat, memberikan dampak positif dan memperbaiki stigma negatif The University of Texas,” kata Ojat Jarrot, presiden The Open University dan presiden The Open University. Menuju USU 500 World Class University, Profesor Muryanto: Menjadikan Akademik Lebih Baik Sambutan Rektor merupakan upaya Presiden USU mengundang para dosen dan pimpinan proyek penelitian untuk membahas rencana apa yang ingin dicapai USU. INFOKUTIM.COM.co.id 22 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *