Hasil Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Dihajar Irak 1-3

oleh -32 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Timnas Indonesia mengawali petualangan Piala Asia 2023 dengan kekecewaan. Pasukan Shin Tae-yong kalah 3-1 melawan Irak di Stadion Ahmed Bin Ali Qatar, Senin malam (15 Januari 2024).

Pada kampanye kali ini, tim Indonesia finis di posisi terbawah Grup D dengan 0 poin. Tim Irak kalah dari tim Jepang karena selisih gol dan menempati posisi kedua dengan 3 poin. Tim Vietnam kalah dari Jepang 2-4 dan finis ketiga.

Sejak awal pertandingan, Irak langsung memberikan tekanan kepada Indonesia. Pada menit ketiga, Irak nyaris memimpin melalui sundulan Jabbar Rashid. Beruntung sundulannya masih meleset dari sasaran.

Semenit berselang, Indonesia mengancam akan melakukan serangan balik. Tembakan Jauh Pratama Arhaani membuat pertahanan Irak menggempur. Bola liar berhasil ditepis Marcelino Ferdinand, namun sayang membentur mistar gawang.

Pada menit ke-13, Jordi Amat melakukan kesalahan fatal yang mengakibatkan Mohanad Ali Kadhim nyaris berhadapan dengan Ernando Ari. Untungnya, Elkann Baggot melakukan tekel hebat sebelum Alli menendang bola hingga mengarah ke sepak pojok.

Sepak pojok ini nyaris mencetak gol untuk tim Irak. Jody Amat mencoba memblok keping penyelam tersebut. Si kulit bundar benar-benar membentur tiang gawang.

Pada menit ke-17, Irak akhirnya mengambil keuntungan dan kecepatan Ali membuatnya bisa mengalahkan Baggett. Saat Ali menghadapi Hernando, ia mendapat tendangan keras yang dingin. Irak 1, Indonesia 0.

Pada menit ke-28, Irak kembali mengancam melalui Ali. Namun kali ini sundulan Ali masih mengenai sasaran.

Pada menit ke-37, tim Indonesia menyamakan kedudukan melalui umpan menawan Yakob Sayur yang berhasil memotong jalan Marcelino yang berdiri di depan gawang.

Di penghujung babak pertama, Irak punya peluang untuk kembali unggul melalui mantan pemain Manchester United Zidane Iqbal. Namun masih belum mencapai target.

Di detik-detik akhir babak pertama, petaka menimpa Indonesia. Osama mengembalikan keunggulan Irak setelah memanfaatkan umpan Hernando Ali. Gol tersebut diperiksa oleh VAR karena diduga offside, namun akhirnya dikuatkan. Situasi 1-2 berlanjut hingga jeda turun minum.

Empat menit memasuki babak pertama, Irak mengejutkan Indonesia. Gol Hernando Ali kembali bisa dibobol lewat serangan balik cepat Amir Fouad. Namun, wasit dan VAR akhirnya menganulir gol tersebut karena sudah berada dalam posisi offside.

Indonesia mengancam Irak dengan serangan balik cepat. Marcelino dan Struck mendapat dua peluang. Tendangan Marcelino dengan cepat diblok oleh bek Irak. Di saat yang sama, sundulan Struck meleset dari sasaran.

Pada menit ke-75, pemain pengganti Aymen Hussein juga mencetak gol dan tim Irak menyamakan kedudukan. Hussein memenangkan duel udara dengan Rizki Rideau. Hussein tanpa henti mengambil bola liar di area penalti dan menendangnya dengan kuat ke gawang Hernando.

STY kemudian melakukan perubahan dan menambah Marc Klok, Dimas Drajad, dan Ricky Kambuaya. Sayangnya perubahan tersebut tidak membuahkan hasil manis. Daya serang Timnas Indonesia justru melemah di penghujung pertandingan. Faktanya, Irak nyaris mencetak gol keempat dalam beberapa kesempatan. Situasi 1-3 Irak bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Timnas Indonesia: Elkann Baggot, Jodi Amat, Rizki Rideau, Asnawi Mangkualam, Ivan Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinand;

Irak: Jalal Hassan, Hussein Haidar Ali, Souad Natik Naji, Ali Adnan, Merchas Ghazi, Amir Fouad, Ali Jassim, Osama Jabbar, Mohannad Ali Khadim;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *