Heboh Obat Sirup Ditarik BPOM, Ini 4 Cara Meredakan Demam pada Anak Tanpa Obat

oleh -110 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM – Demam pada anak menjadi hal yang ditakuti banyak orang tua. Bahkan, BPOM baru-baru ini memutuskan menarik beberapa sirup obat flu dari pasaran. Lalu bagaimana cara meredakan demam anak tanpa obat?

Orang tua pasti bingung ketika anaknya demam dan tidak bisa memberinya sirup. Selain itu, obat sirup dapat diberikan kepada pasien terutama anak-anak untuk mencegah gangguan ginjal yang parah setelah dikeluarkannya pemberitahuan dari Kementerian Kesehatan.

Oleh karena itu tidak mengherankan jika metode lain selain obat digunakan untuk menurunkan demam. Menyusul banyaknya pemberitaan mengenai obat dengan kandungan berbahaya, sebaiknya Anda mengetahui cara menurunkan demam pada anak tanpa obat, namun tetap efektif.

Beberapa tips ini mengacu pada salah satu artikel yang dimuat di situs dinkes.kalbarprov.go.id untuk diverifikasi keasliannya. Simak beberapa cara efektifnya berikut ini!

1. Terlalu banyak cairan

Cara pertama adalah dengan menggunakan lebih banyak cairan. Tubuh yang demam membutuhkan banyak cairan, sehingga air putih harus dikonsumsi setiap saat.

Cairan lain yang dianjurkan untuk anak demam selain air putih adalah kaldu ayam hangat, bubur buah, dan es loli buatan sendiri yang terbuat dari buah beku.

Cara ini efektif menurunkan panas dan melindungi anak dari risiko dehidrasi.

2. Anda membuat anak-anak tetap tenang

Cara kedua yang bisa digunakan untuk mendinginkan tubuh bayi. Cara ini tercantum di Healthline, dan bisa digunakan untuk meredakan demam anak Anda. Tentu saja, asalkan bayinya tidak gemetar.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengenakan pakaian yang tidak terlalu tebal, tidak menggunakan alas tidur, menyeka badan dengan air panas, dan menyalakan kipas angin agar sirkulasi udara bayi lancar.

Dengan demikian, tubuh bayi mampu ‘bernafas’ lebih baik dan mendapat aliran oksigen yang lancar.

3. Istirahat yang cukup

Salah satu tips dan cara menurunkan demam anak yang paling ampuh adalah dengan memberikan anak banyak istirahat. Istirahat membantu tubuh anak untuk melakukan peremajaan dan pemulihan, sehingga demam yang menyertainya cepat mereda.

Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak, setidaknya baringkan bayi Anda dan bacakan cerita yang akan menenangkannya dan mengistirahatkan tubuhnya.

4. Berikan kompres hangat

Ikatan Dokter Anak Indonesia menganjurkan pemberian kompres hangat saat anak demam. Ini paling efektif pada anak-anak ketika kompres diletakkan di ketiak dan bokong selama sekitar 10 hingga 15 menit.

Langkah sederhana ini bisa menjadi salah satu tindakan pengobatan awal demam pada bayi dan anak, sebelum dicari pertolongan lebih lanjut.

Berikut beberapa cara menghilangkan pilek pada anak tanpa obat bebas. Tentunya bila demam tak kunjung reda, sangat disarankan untuk segera mengunjungi dokter anak terpercaya Anda dan memeriksakan kondisinya. Saya harap ini membantu, dan saya senang melanjutkan pekerjaan Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *