Hilirisasi Digital Bukan Sekadar Penyediaan Jaringan

oleh -33 Dilihat
oleh

Melonguane, 29 Desember 2023 – Presiden Joko Widodo pada Kamis meresmikan pengoperasian sinyal BTS 4G Bakti Kominfo dan integrasi satelit Satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1) di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Hal ini merupakan langkah besar dalam meningkatkan konektivitas nasional dan memperkuat persatuan Indonesia melalui transformasi digital. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya integrasi untuk mempersatukan bangsa.

“Negara kita besar, 17.000 pulau dengan kondisi geografis yang berbeda-beda. Konektivitas antar pulau dan provinsi perlu kita hubungkan, perkuat persatuan dan kesatuan. Berbagai koneksi infrastruktur, termasuk jalur udara, sudah kita bangun agar seluruh lapisan masyarakat mempunyai pemerataan akses, dunia digital,’ ujarnya.

Untuk mendukung komitmen tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyetujui pengerjaan yang telah dilakukan pada proyek BTS 4G. Dari 7.200 target BTS, 4.990 berhasil terlaksana.

“Instalasi ini menandai babak baru dalam pendekatan untuk meningkatkan koneksi antar manusia. Namun hak atas akses ada di tangan masyarakat. Asosiasi dan lembaga dunia juga telah memasukkan, ketika masyarakat tidak memiliki akses, kami peduli dengan negara.” dia berkata.

Perkembangan ini juga diapresiasi oleh Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif. APJII telah menegaskan komitmennya untuk mendukung arus digital dan ingin manfaat infrastruktur digital dapat dirasakan secara luas.

Transisi digital tidak hanya sekedar penggelaran jaringan, tetapi juga adopsi teknologi digital yang inklusif dan berkelanjutan. APJII mendukung pemerintah agar manfaat infrastruktur digital dapat dirasakan oleh semua orang mulai dari pendidikan, kesehatan hingga pemberdayaan ekonomi lokal, ujarnya, seperti dikutip oleh INFOKUTIM.COM Tekno dari keterangan resmi.

Presiden Jokowi pun tak segan-segan menguji langsung kualitas konektivitas yang dihasilkan dari pemasangan tersebut. Melalui video wawancara, ia sempat wawancara dengan Kelompok Kerja Keamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia dan SMKN di Sulawesi Selatan. Kualitas suara dan gambar yang jernih merupakan bukti kemajuan dalam konektivitas. Mereka akan menjadi bagian dari pengelolaan teknologi pemerintahan, Menko Luhut menegaskan Menko Luhut mengatakan integrasi perangkat digital pemerintahan sangat penting dalam upaya peningkatan pelayanan masyarakat. INFOKUTIM.COM.co.id 15 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *