Hindari Kecelakaan saat Hujan, Perhatikan Perawatan Ban Mobil

oleh -35 Dilihat
oleh

JAKARTA – Hujan membuat permukaan jalan menjadi licin sehingga harus sangat berhati-hati. Untuk berkendara dengan aman, perlu dilakukan persiapan dan perawatan ban agar tetap dalam kondisi baik.

Yang terpenting adalah memberikan ban, kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Bahkan ban pun bisa menyebabkan kecelakaan jika kondisinya tidak baik.

Untuk itu perawatan ban sangat penting untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada kondisi hujan. Berikut cara merawat ban mobil agar tetap dalam kondisi baik, dirangkum di laman Auto2000 Selasa (2/1/2024).

1. Periksa Tekanan Udara Ban. Pastikan ban berada pada level yang disarankan secara berkala. Tekanan udara yang tepat membantu meningkatkan mobilitas ban di jalan basah, mengurangi risiko hydroplaning, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Pilih profil ban yang tepat Pilihlah ban dengan tapak yang sesuai untuk musim hujan. Ban dengan alur yang baik akan membantu traksi yang dibutuhkan mobil agar mampu melaju di jalan tanpa selip.

3. Periksa kondisi dan kedalaman alur ban Periksa kondisi ban dan kedalaman alur dalam batas aman. Ban yang sudah aus atau ban yang terlalu dangkal dapat meningkatkan risiko terjadinya hydroplaning dan mengurangi traksi di jalan basah.

4. Hindari Beban Berlebihan Membawa beban melebihi kapasitas maksimal dapat merusak ban dan mengurangi traksi. Demi keselamatan dan keamanan Anda dan pengguna jalan lainnya, pastikan Anda tidak memuat kendaraan Anda melebihi batas yang ditentukan.

5. Hindari pengereman mendadak Pengereman mendadak di jalan basah dapat menyebabkan hilangnya traksi dan mengurangi kendali kendaraan. Jadi, usahakan berkendara dengan tenang dan hindari pengereman mendadak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *