Hyundai Indonesia Dukung Pemasok Lokal Produksi Komponen Otomotif

oleh -31 Dilihat
oleh

Cikarang, 26 September 2023 – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), pusat produksi Hyundai di ASEAN, berhasil mengembangkan pemasok lokal untuk secara mandiri mendirikan fasilitas penelitian dan pengembangan (R&D). Ini merupakan prestasi pertama di Indonesia.

Pengembangan pemasok ini diwujudkan melalui serangkaian program edukasi pemasok yang dipimpin oleh HMMI yang dimulai pada tahun 2021. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik pemasok lokal sehingga dapat menghasilkan komponen berkualitas yang memenuhi standar original equipment manufacturing (OEM).

PT Frina Lestari Nusantara (FLN), perusahaan pemasok otomotif yang berpartisipasi dalam program ini, kini memiliki fasilitas R&D untuk secara mandiri melakukan seluruh proses mulai dari desain, pengembangan material hingga pengujian komponen.

Berkat kemandiriannya, FLN berhasil mengembangkan dan memproduksi komponen untuk Hyundai STARGAZER.

“Pertumbuhan dan perkembangan bersama Indonesia merupakan komitmen besar yang coba kami wujudkan saat membangun pabrik Hyundai. Setelah melihat bagaimana PT. “Frina Lestari Nusantara berkembang hingga memiliki fasilitas R&D yang kuat, hal ini membuat kami sangat bangga dan termotivasi untuk terus mendukung Indonesia. industri otomotif,” kata Presiden HMMI Bong Kyu Lee dalam keterangan resmi dikutip INFOKUTIM.COM Otomotif.

Direktur Bisnis PT Frina Lestari Nusantara, C Tri Djoko Irwanto menambahkan, kegiatan ini sangat meningkatkan kemampuan teknik mereka untuk membuat gambar teknik sendiri dan telah disetujui oleh Hyundai R&D Center.

“Hyundai mendorong kami untuk meningkatkan kapabilitas proses berbasis produk perusahaan kami. Tentunya hal ini sangat penting bagi kelangsungan bisnis industri otomotif Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya akan semakin banyak mitra pemasok di Indonesia yang meningkatkan keterampilan tekniknya melalui program pelatihan pemasok Hyundai.

“Kami yakin dengan meningkatkan kemampuan engineering perusahaan pemasok, maka keuntungan akan semakin besar dan peluang bisnis juga akan meningkat,” tambah Bong Kyu Lee.

Program pelatihan pemasok HMMI terdiri dari berbagai tingkat pelatihan dengan program dan pendekatan intensif yang berbeda. Melalui program ini, pemasok di Indonesia berkesempatan belajar dari pakar Hyundai di Korea Selatan.

Hyundai Mobility Innovation Center (MIC) yang berlokasi di Sikaranga, Jawa Barat pun mendukung program ini. MIC dilengkapi dengan berbagai fasilitas pengujian dan laboratorium canggih untuk mendukung pengembangan komponen otomotif.

Keberhasilan Hyundai mengembangkan pemasok lokal merupakan bukti komitmen perusahaan dalam mendukung industri otomotif Indonesia. Program ini diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan industri otomotif Indonesia menjadi lebih kompetitif dan berkelanjutan. Hyundai berada di urutan kedua dalam emisi CO2 dan efisiensi bahan bakar Menurut laporan baru Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), Hyundai berada di urutan kedua di Amerika Serikat dalam hal emisi CO2 dan efisiensi bahan bakar tahun ini INFOKUTIM.COM.co.id 7 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *