Implementasi SPBE , Kominfo Staper dan Itwil Audit IT

oleh -69 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA- Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kutai Timur (DIskominfo Staper Kutim) Ery Mulyadi mengungkapkan saat ini pihaknya bekerjasama dengan Inspektorat Wilayah (Itwil) sedang melakukan audit Information Technology (IT) berkaitan dengan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan pemerintah Kabupaten Kutim.

“Jadi pelaksanaanya kita berdasarkan surat keputusan Bupati, kegiatan ini menjadi bagian dari upaya perbaikan peningkatan kualitas pelaksanaan SPBE di Kutai Timur,” ujarnya.

Selain melakukan audit secara internal, pihaknya juga bakal melibatkan pihak ketiga dalam hal ini tim independen untuk melakukan evalusai dan perbaikan layanan SPBE, diantaranya menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Selain itu, pihaknya secara mandiri melakukan penilaian dan melengkapi beberapa eviden untuk penilaian SPBE.

“Dan kami bersyukur langkah kami ini mendapatkan dukungan penuh dari seluruh Perangkat Daerah (PD) yang ada di lingkup Pemkab Kutim khususnya untuk pemantauan dan evaluasi SPBE ini,” imbuhnya.

Disisi lain, untuk layanan digitalisai pemerintahan di lingkup Pemkab Kutim, sudah ada beberapa PD yang melaksanakan, salah satunya pelayanan pembayaran retribusi dan pajak daerah oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dengan layanan E-SPTPD yang mengalami peningkatan jumlah pengguna setiap tahunnya.

“Termasuk saat ini kami sedang membuatkan dashboard untuk unsur pimpinan daerah mulai dari Bupati, Wakil Bupati hingga Sekretaris Daerah untuk memantau secara langsung kinerja jajaranya, salah satunya bisa melihat secara real time serapan anggaran yang di laksanakan oleh masing-masing perangkat daerah,” pungkasnya. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *