Indonesia Harus Bisa Produksi 2 Juta Motor Listrik

oleh -47 Dilihat
oleh

Korea Selatan – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Indonesia harus mampu memproduksi 2,45 juta unit sepeda motor listrik pada tahun 2023. Untuk mencapai hal tersebut, investasi dari perusahaan internasional bisa menjadi solusi.

Saat ini, Presiden Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo sedang menjajaki kerja sama dengan Taehwa Enterprise Co Ltd, perusahaan Korea Selatan dalam produksi sepeda motor listrik dan komponen penolong di Indonesia.

Bambang Soesatyo seusai bertemu dengan Presiden Taehwa Enterprise Co Ltd mengatakan: “Kami sedang menjajaki berbagai kemungkinan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar Korea Selatan yang memproduksi dinamo motor listrik, dinamo motor industri, motor mobil dan suku cadangnya untuk mesin-mesin industri. Nak Kil Sung., Kota Dae Gu, Korea Selatan, mengutip INFOKUTIM.COM Otomotif dalam keterangan resmi, Rabu, 20 September 2023.

Pria yang akrab disapa Bamsot itu menjelaskan, langkah mengundang beberapa perusahaan internasional untuk berinvestasi di bidang manufaktur kendaraan listrik di Indonesia bertujuan untuk memenuhi target Presiden Jokowi agar Indonesia bisa memproduksi 2,45 juta unit sepeda motor listrik pada tahun 2023.

“Presiden telah mengumumkan bahwa pada tahun 2030 Indonesia akan memproduksi sendiri 2,45 juta sepeda motor listrik. Jadi ini untuk mendukung tujuan tersebut,” jelas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (MPR) itu.

Kemudian, menurut Bamsot, Presiden Jokowi juga menargetkan peningkatan jumlah sepeda motor listrik di Indonesia menjadi 2 juta unit pada tahun 2025 dan 13 juta unit pada tahun 2030.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Indonesia Kaden mengatakan, peluang Taehwa Enterprise Co Ltd untuk memproduksi sepeda motor listrik di Indonesia dan bekerja sama dengan perusahaan Indonesia untuk suku cadang pendukungnya juga sangat luas.

Sekadar informasi, Gabungan Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia melaporkan hingga Februari 2023, sudah terdapat 52 unit manufaktur dengan 282 model sepeda motor listrik yang siap diproduksi.

Hingga Februari 2023, setidaknya ada 30.837 sepeda motor listrik di jalanan Indonesia.

Sebagai informasi, Bamsot mengungkapkan, sebagai langkah melanjutkan proyek investasi tersebut, Taehwa Enterprise Co Ltd akan mengunjungi Indonesia pada akhir tahun untuk menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan Indonesia. Prabowo menekankan hilirisasi di 21 sektor untuk memajukan industri lokal, termasuk farmasi. Calon presiden nomor dua, Prabowo Subianto mengatakan, jika ingin membangun industri lokal yang mandiri, termasuk apotek INFOKUTIM.COM.co, hal mendasar adalah hilirisasi. identifikasi 12 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *