Ingin Update HP Samsung ke One UI 6.1, Simak Dulu Informasi Penting Ini

oleh -34 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Setelah debut One UI 6.1 di seri Galaxy S24 pada awal tahun 2024, Samsung secara bertahap mulai memperbarui One UI ke perangkat lain. Diperlukan setidaknya dua bulan bagi perusahaan untuk mulai meluncurkan pembaruan ke berbagai perangkat andalan lama.

Untuk tahap pertama, Samsung meluncurkan One UI 6.1 ke perangkat lama. Pembaruan ini untuk smartphone dan tablet andalan yang dirilis pada tahun 2023, seperti Galaxy S23. 

Sedangkan tahap kedua telah dimulai beberapa hari lalu. Pembaruan Samsung One UI 6.1 untuk seri Galaxy S21, seri Galaxy S22, Galaxy Z Fold 4, dan Galaxy Z Flip 4 mulai diluncurkan pada 2 Mei 2025 di Korea Selatan.

Namun pembaruan perangkat andalan tahun 2022 justru menimbulkan masalah bagi pengguna.

Mengutip Gizchina, Jumat (17/05/2024), pemilik smartphone Samsung Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra di Korea Selatan mengalami masalah dalam mengakses ponsel cerdasnya setelah menginstal pembaruan.

Itu sebabnya Samsung memutuskan untuk menghentikan sementara peluncurannya. Beberapa unit gagal melakukan booting, atau jika unit melakukan booting dengan benar dan masuk ke layar kunci, pengguna gagal membuka kuncinya.

Masalah seperti ini biasa terjadi pada pembaruan perangkat lunak besar. Meskipun pengguna ponsel dan tablet Galaxy 2023 yang mendapat One UI terbaru tidak mengalami masalah, tampaknya pengguna versi sebelumnya kurang beruntung.

Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa Samsung belum memperluas ketersediaan update One UI 6.1 untuk perangkat yang dirilis di luar Korea Selatan sebelum tahun 2023.

Mengingat masalah di atas, ada beberapa langkah yang harus diambil sebelum memperbarui One UI 6.1 atau perangkat lunak lainnya.

Untuk perangkat yang menjalankan One UI, ada beberapa cara untuk mencadangkan semua data sebelum melakukan upgrade ke One UI 6.1.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mencadangkan semua data Anda ke akun Samsung atau Google. Pilihan lainnya adalah mencadangkan data Anda ke kartu microSD jika perangkat Anda mendukungnya (jika tidak, Anda dapat mencadangkan data ke drive USB eksternal).

Anda dapat mencadangkan semuanya di komputer menggunakan aplikasi Samsung Smart Switch.

Langkah selanjutnya yang harus diambil adalah memastikan bahwa perangkat lunak/firmware terbaru tersedia untuk perangkat Samsung Anda.

Meskipun pembaruan ini tidak selalu mengharuskan perangkat menjalankan firmware terbaru, ada baiknya pengguna bersiap. Jadi pengguna tidak perlu membuang waktu ketika UI 6.1 keluar dan melakukan upgrade sesegera mungkin.

Tindakan lain yang disarankan termasuk mengosongkan sebagian ruang penyimpanan jika diperlukan dan memperbarui semua aplikasi yang diinstal.

Perangkat harus memiliki daya yang cukup. Menginstal pembaruan memerlukan daya perangkat Galaxy setidaknya 20 persen, tetapi sebaiknya perangkat terisi 30 persen atau lebih. 

Di sisi lain, rumor mengenai Galaxy S25 Ultra semakin santer beredar. Setelah sebelumnya beredar rumor akan menggunakan teknologi AI untuk memberikan daya tahan baterai lebih lama, kini smartphone Samsung terungkap hanya memiliki tiga kamera.

Samsung kini sedang menguji prototipe awal Galaxy S25 Ultra. Dikutip dari Gizmochina, Rabu (15/4/2024), rumor terbaru dari whistleblower @ISAQUES81 mengungkap tiga aspek baru pada sistem kamera Galaxy S25 Ultra.

Berdasarkan bocorannya, prototipe Samsung Galaxy S25 Ultra hanya memiliki tiga kamera, bukan empat kamera seperti seri Ultra sebelumnya. Samsung rupanya membuang model telefoto 3x, yang tidak terlalu berguna, dan menggantinya dengan zoom digital.

Ketiga kamera tersebut akan mencakup lensa prima, lensa ultra lebar, dan lensa telefoto periskop.

Samsung juga dikabarkan telah bereksperimen dengan kamera zoom ponselnya. Jadi mereka mengganti kamera telefoto 10MP 10x dengan kamera 50MP dengan kemampuan zoom 5x.

Selain itu, kamera utama S25 Ultra tetap mempertahankan ukuran dan sensor yang sama dengan seri sebelumnya. Namun kali ini, sensor pada Samsung Galaxy S25 Ultra mampu menangkap cahaya lebih banyak dengan aperture lebih besar.

Apertur yang lebih besar dikatakan membantu sensor menangkap lebih banyak cahaya, sehingga menghasilkan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Sedangkan untuk kamera periskop, smartphone Samsung ini memiliki sensor yang lebih besar dibandingkan Galaxy S24 Ultra. Sensor ini memberikan detail yang tajam bahkan pada gambar yang diperbesar.

Perubahan terbesar pada kamera Samsung Galaxy S25 Ultra Periscope adalah penambahan variabel zoom, yang secara signifikan mempengaruhi kualitas gambar saat memperbesar foto. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *