Ini Deretan Mobil Listrik CBU yang Dapat Insentif Pemerintah

oleh -28 Dilihat
oleh

JAKARTA – Pemerintah terus bergegas mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia dengan menerbitkan sejumlah undang-undang. Untuk saat ini, kendaraan listrik impor alias CBU (completely built-in) juga akan mendapat insentif.

Seperti diketahui, sebelumnya pemerintah memberikan insentif bagi mobil listrik rakitan dengan harga minimal 40% di tingkat daerah, berupa potongan PPN sebesar 10%.

Dua model mobil listrik yang mendapat diskon PPN 10% adalah Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev. Mengingat, hanya dua merek tersebut yang digunakan dengan nilai TKDN di atas 40%.

Saat ini masih banyak pabrikan yang memilih mengimpor kendaraan listrik atau dikenal dengan CBU. Untuk itu, pemerintah mengeluarkan peraturan baru agar mobil listrik yang tidak dirakit di dalam negeri bisa mendapat insentif.

Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. Undang-undang Federal No. 79 Tahun 2023 mengubah Perpres 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan listrik bertenaga baterai untuk transportasi darat.

Kendaraan listrik berperingkat CBU akan mendapat insentif berupa bea masuk yang dipungut pemerintah, pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang dikenakan pemerintah, atau pembebasan atau pengurangan pajak daerah (PPPD).

Namun pemerintah memastikan kendaraan listrik impor tidak mendapatkan keringanan tersebut. Sempat dikatakan bahwa insentif ini hanya berlaku bagi produsen yang mengembangkan kendaraan listrik di wilayah tersebut.

Selain insentif yang diberikan untuk kendaraan listrik baterai CBU, Perpres ini juga mengatur banyak undang-undang lainnya, seperti insentif keuangan dan subsidi pembelian serta subsidi transfer untuk baterai yang menyediakan listrik yang melayani dua fungsi pemerintah bagi sebagian orang. uang. periode waktu.

Perpres tersebut juga mengubah tata cara penggunaan TKDN KBL roda dua dan/atau roda tiga antara tahun 2019-2026 menjadi minimal 40%, tahun 2027-2029 menjadi minimal 60%, dan pada tahun 2030 menjadi ‘depan ke depan’. minimum. dari 80%.

Berikut daftar kendaraan listrik CBU yang mendapat insentif:

MG ZS EV

Pengapian MG 4 EV

Toyota BZ4X

Lexus UX 300e

Lexus RZ450e

Buku Nissan

Hyundai Ioniq 6 Kia EV6

Limusin BMW i7 xDrive60

BMW i4 eDrive 35 Gran Coupe

BMW iXDrive 40

Mini Cooper SE

Mercedes-Benz EQ E350

Mercedes-Benz EQS 450+

Mercedes-Benz EQA 250

Mercedes-Benz EQB 250

Mercedes-Benz EQS 450

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *