Jadi Pelopor Relawan Kesehatan, Dani Ferdian Bangun Karakter Calon Dokter dan Tenaga Medis

oleh -29 Dilihat
oleh

BANDUNG – Dr. Dani Ferdian, pendiri Dokter Relawan (jilid D), Sekolah Hati Nurani Tenaga Kesehatan. Vol D mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan panti sosial lainnya karena tenaga kesehatan yang dibangun di sekolah kesadaran merupakan karakter calon dokter dan tenaga kesehatan.

Kenyataannya saat Dan masih kuliah, bahan ajar atau pengabdian langsung kepada masyarakat masih sangat sedikit. Yuk lanjutkan menelusuri artikel lengkapnya di bawah ini.

Perubahan tersebut dimulai dari tingkat akar rumput, yaitu dengan mengajak peserta didik menjalani berbagai program pembinaan melalui pelatihan materi.

Tujuannya, jika dalam 10 atau 20 tahun mereka menduduki posisi strategis dengan keahliannya, mereka bisa membawa perubahan.

Apalagi berubah dengan pelayanan langsung kepada masyarakat, semangat sosial dan kepekaan yang lebih besar. Bagi Dan, mendobrak sistem yang ada memerlukan perjuangan.

Untuk mengubah hal tersebut, Dani menciptakan gerakan Vol D. Meski terbatas di Jawa Barat dan Jabodetabek, kiprah Vol D bisa menjangkau seluruh pelosok Tanah Air melalui kemitraan dengan 30 lembaga.

Hingga saat ini, sudah ada kurang lebih 1.000 dokter dan tenaga kesehatan yang mengikuti Vol D sejak dimulai pada tahun 2009. Dengan semakin banyaknya sekolah dan kampus yang mengikuti Vol D, Dan optimistis Indonesia sehat akan tercapai di masa depan.

Dan berkat inisiatif, perjuangan dan pengorbanannya dalam mendorong gerakan sebagai pelopor relawan kesehatan, Dr. Dani Ferdian mendapat kehormatan sebagai penerima SATU Indonesia Award pada tahun 2015.

Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera Astra

Kampung Berseri Astra merupakan proyek pengembangan masyarakat yang mengintegrasikan 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra, yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup dan kewirausahaan, ke dalam masyarakat pedesaan.

Melalui program Kampung Berseri Astra, masyarakat dan Astra dapat bersinergi mewujudkan kawasan bersih, sehat, cerdas dan produktif guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kampung Berseri Astra.

Pengembangan KBA selanjutnya adalah Desa Sejahtera Astra (DSA) yang merupakan program kontribusi sosial Astra dalam bidang kewirausahaan berbasis wilayah.

Program ini bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, komunitas, start-up dan masyarakat pedesaan untuk mengembangkan perekonomian pedesaan berbasis potensi pertanian dan produk unggulan.

Program DSA memberikan bantuan kepada masyarakat pedesaan mulai dari pelatihan, penguatan kelembagaan, bantuan infrastruktur, akses permodalan dan pemasaran produk.

Penghargaan SATU Indonesia

Indonesia Astra Spirit for Integrated (SATU) Awards merupakan wujud rasa terima kasih Astra kepada generasi muda, baik individu maupun kelompok yang telah merintis dan membawa perubahan untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Ucapan terima kasih ada pada bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, kewirausahaan dan teknologi, serta kategori kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut.

Melalui program ini, Astra juga akan mendorong generasi muda peserta SATU Indonesia Awards untuk bekerja sama dengan program KBA dan DSA unggulan.

Kami berharap mereka dapat memberikan dampak yang lebih positif dan kontribusi yang berkelanjutan terhadap upaya pembangunan di wilayahnya. Astra dukung paviliun Indonesia pada COP 28 di Dubai Berkontribusi dalam perjuangan melawan perubahan iklim Astra terus mendukung paviliun Indonesia pada Conference of the Parties 28 (COP 28). INFOKUTIM.COM.co.id 2 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *