Jangan Bingung, Ini Bedanya Headphone-Earphone-Airpods dan Earbuds

oleh -111 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM Tekno – Berbicara tentang perangkat audio, ada berbagai jenis perangkat yang bisa digunakan seperti headphone, earphone, airpod, dan earphone.

Perangkat audio ini tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Baik untuk mendengarkan musik, untuk kebutuhan kerja, dan lain sebagainya. Lalu apa perbedaan keempat jenis suara tersebut? Lihat detailnya di bawah.1. Headphone

Headphone merupakan alat pendengar audio yang tidak dilengkapi dengan microphone sehingga tidak dapat digunakan untuk komunikasi online.

Desain headphone terutama disesuaikan dengan bentuk kepala, dengan bantalan besar di telinga. Hal ini membuat suara lebih keras dengan mengurangi interferensi eksternal.

Biasanya pembaca buku menggunakan headphone, penyanyi saat merekam, disc jockey (DJ) yang memutar musik, dll. Kini headphone tersedia dalam dua pilihan: nirkabel dan berkabel.2. Headphone

Headphone merupakan perangkat audio yang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan headphone atau earphone. Jika headphone hanya untuk mendengarkan musik, berbeda dengan headphone yang bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Headphone diletakkan langsung di telinga dan biasanya memiliki kabel yang terhubung ke earpiece. Namun headset dapat digunakan di berbagai perangkat seperti tablet, laptop, dan komputer.

Mikrofon pada headset biasanya terdapat pada kabel. Namun kini sudah banyak headphone nirkabel yang terhubung melalui Bluetooth sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunanya, terutama saat berolahraga.

Dibandingkan headphone dan earphone, headphone tidak memiliki insulasi suara sehingga suara dari luar dapat mengganggu pendengaran. 3. Airpod

Apple meluncurkan AirPods pada tahun 2016 dengan desain nirkabel yang dikenal dengan true wireless. Daya tahan baterai dan kualitas suara produk ini diklaim lebih unggul.

AirPods memiliki mikrofon yang dapat menyaring kebisingan yang sangat berguna saat melakukan panggilan, mendengarkan musik, atau menikmati konten. Selain itu, AirPods bisa dihubungkan dengan asisten virtual Apple, Siri.

Pada tahun 2019, setelah sukses pertama, Apple merilis AirPods generasi kedua yaitu AirPods 2. Meski desainnya mirip dengan generasi pertama, AirPods 2 dibekali chip H1 yang memudahkan aktivasi Siri hanya dengan mengucapkan “Halo Siri”. 4. Anting

Headphone, yang termasuk dalam keluarga in-ear, adalah perangkat suara yang dirancang agar pas langsung ke telinga. Desain elastis menjaganya tetap di tempatnya saat dipakai.

Dulu, headphone menggunakan kabel untuk mengirimkan suara. Namun seiring kemajuan teknologi, kini banyak bermunculan headphone nirkabel seperti TVS.

Meski penggunaan dalam waktu lama dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat kontak langsung antara bodi plastik dengan kulit, sebagian besar headphone saat ini dirancang agar pas di telinga.

Inilah perbedaan antara headphone, earphone, airpod, dan earphone. Suara mana yang Anda sukai? Konser Afghan Revolution Live in Bandung 2023 sukses menjadi Konser Rock Bandung AFGAN REVOLUTION LIVE IN BANDUNG 2023 yang berlangsung pada Sabtu, 23 Desember 2023 di Harris Hotel & Conventions Festival Citilink Bandung. INFOKUTIM.COM.co.id 24 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *